July 17, 2024

Stop Watch Dengan Flash Actionscript 2.0

1 min read

Salam PalComSter, semoga selalu setia menanti tutorial dan artikel yang menarik disini. Tutoorial berikut akan mengajak anda membuat aplikasi stop watch sendiri dengan menggunakan aplikasi Adobe Flash ActionScript 2.0.

Langkah 1

Buatlah sebuah file flash action script 2.0 dengan setting sebagai berikut:

actionscript1

Langkah 2

Gambarlah objek stop watch atau import gambar ke dalam library sebagai background, letakkan pada layer pertama frame satu.

actionscript2

Langkah 3

Pada layer kedua frame pertama, buatlah tiga buah tombol dengan nama instan play_btn, stop_btn dan reset_btn, dan letakkan empat buah dynamic text dengan nama variabel hour, minute, second dan milisecond.

stopwatch2

Langkah 4

Masih pada frame pertama tetapi layer ketiga, ketikkan script berikut:

[sourcecode]

fps = 0;

detik = 0;

menit = 0;

jam = 0;

mainkan = false;

onEnterFrame = function () {

hour = jam;

if (detik<10) {

_root.second = "0"+detik;

} else {

_root.second = detik;

}

if (menit<10) {

_root.minute = "0"+menit;

} else {

_root.minute = menit;

}

if (fps<10){

_root.milisecond = "0"+fps;

}else{

_root.milisecond = fps;

}

if (mainkan) {

fps++;

if (fps == 60) {

detik += 1;

fps = 0;

}

if (detik == 60) {

menit += 1;

detik = 0;

}

if (menit == 60) {

jam += 1;

menit = 0;

}

}

};

play_btn.onPress = function() {

mainkan = true;

};

stop_btn.onPress = function() {

mainkan = false;

};

reset_btn.onPress = function() {

fps = 0;

detik = 0;

menit = 0;

jam = 0;

mainkan = false;

};

[/sourcecode]

Penjelasan script:

1. Membuat variabel fps, detik, menit dan jam yang memiliki nilai awal nol, dan membuat sebuah variabel mainkan yang bernilai false. Terlihat pada action script berikut :

fps = 0;

detik = 0;

menit = 0;

jam = 0;

mainkan = false;

2.Ketika memasuki frame, nilai variabel hour akan bernilai sama dengan variabel jam. Jika variabel detik, menit dan fps bernilai lebih kecil dari nol, maka didepan variabel second, minute dan milisecond akan ditambahkan angka 0. Terlihat pada action script berikut :

[sourcecode]
onEnterFrame = function () {

hour = jam;

if (detik<10) {

_root.second = "0"+detik;

} else {

_root.second = detik;

}

if (menit<10) {

_root.minute = "0"+menit;

} else {

_root.minute = menit;

}

if (fps<10){

_root.milisecond = "0"+fps;

}else{

_root.milisecond = fps;

}

[/sourcecode]

3.Jika variabel mainkan bernilai true, maka nilai var fps akan bertambah secara kontinyu. Jika nilai var fps mencapai 60 (nilai ini sesuai dengan frame rate yang digunakan pada dokumen flash), variabel detik bertambah satu poin, lalu nilai fps dikembalikan ke nol agar terjadi perulangan. Variabel detik dan menit menggunakan pola yang sama.

[sourcecode]
if (mainkan) {

fps++;

if (fps == 60) {

detik += 1;

fps = 0;

}

if (detik == 60) {

menit += 1;

detik = 0;

}

if (menit == 60) {

jam += 1;

menit = 0;

}

}

};
[/sourcecode]

4. Ketika tombol play ditekan, var mainkan akan bernilai true (nilai var fps bertambah dan timer akan berfungsi). Ketika tombol stop ditekan, var mainkan bernilai false (timer akan dihentikan untuk sementara), sedangkan ketika tombol reset ditekan, semua variabel dikembalikan ke nilai awalnya.

[sourcecode]
play_btn.onPress = function() {

mainkan = true;

};

stop_btn.onPress = function() {

mainkan = false;

};

reset_btn.onPress = function() {

fps = 0;

detik = 0;

menit = 0;

jam = 0;

mainkan = false;

};

[/sourcecode]

Hasil

0 thoughts on “Stop Watch Dengan Flash Actionscript 2.0

  1. terima kasih,Stop Watch sangat bagus
    mohon tutorial soal pilihan ganda di beri timer mundur
    terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.