July 13, 2024

Analisa Penggunaan Kapasitas Hardisk menggunakan Aplikasi Windirstat

2 min read

Salam..pada jumpa kali ini saya akan berbagi informasi mengenai penggunaan salah satu aplikasi berbasis Windows yang bisa digunakan untuk melakukan analisa terhadap seberapa banyak kapasitas file-file yang memenuhi ruang hardisk pada komputer.  Saya rasakan bahwa menggunakan aplikasi ini sangat “user friendly” dan juga sangat memudahkan kita mendeteksi file-file yang ada pada hardisk. Baiklah kita mulai saja langkahnya-langkahnya.

Langkah 1

Install aplikasi Windirstat. Jika anda belum mempunyai file installer, anda bisa men-download-nya di http://sourceforge.net/projects/windirstat/. Ikuti petunjuk untuk melakukan peng-install-an dan pilih untuk menjalankan program ketika selesai proses install.

windistat

Langkah 2

Tampilan aplikasi ini sangat sederhana dimana, jendela aplikasi yang terbuka akan menampilkan daftar semua drive yang ada pada komputer. Kita tinggal memilih drive mana yang akan di analisa. jika akan menganalisa drive utama biasanya ditandai  sebagai drive C, atau bisa juga dengan penanda huruf yang lain.windistat2

Langkah 3

Setelah memilih drive, program ini akan melakukan analisa semua folder yang ada di hardisk, proses ini akan menghabiskan waktu lebih kurang 5 menit. Jadi selama proses menunggu anda boleh saja mengambil secangkir kopi, sambil menunggu proses selesai. 🙂

windistat3

Langkah 4

Ketika program telah selesai melakukan analisa terhadap sistem, hasilnya akan ditampilkan dalam bentuk grafik berupa blok-blok pada bagian bawah jendela program. Lalu gunakan  folder tree pada bagian atas untuk mendapat informasi yang lebih dalam mengenai sistem. Hal ini sangat berguna untuk menjelajah tepat ke lokasi file yang yang diinginkan.

windistat4

Langkah 5

Tiap blok pada grafik yang ditampilkan mewakili kumpulan file, semakin besar ukuran blok menandakan semakin besar pula kumpulan file tersebut memenuhi hardisk. Blok-blok berukuran besar ini bisa menjadi langkah awal melakukan penyelidikan. Klik salah satu blok untuk menyelidikinya, jenis file pada blok tersebut akan ditampilkan pada bagian kanan atas jendela program. Langkah ini akan membantu kita mengidentifikasi cluster yang paling besar yang mungkin berisi file-file yang tidak terlalu penting untuk sistem.

windistat5

Langkah 6

Pada gambar di langkah kelima terlihat bahwa jenis file pada blok yang di klik adalah berupa file RAR. Informasi ini masih belum spesifik. Jadi untuk memperoleh keterangan yang lebih spesifik,  program ini telah menyediakan fasilitas yang bisa kita gunakan. Klik kanan pada sembarang blok kemudian pilih “explore here”. Langkah tersebut akan membuka window explorer dimana kita bisa menuju tepat kepada file apa yang memenuhi hardisk kita.

windistat6

Langkah 7

Setelah beberapa langkah di atas kita lakukan, sekarang kita tinggal memutuskan langkah apa yang akan kita lakukan terhadap file yang sudah kita analisa. Contohnya apabila kita menganggap bahwa file tersebut hanya memenuhi ruang hardisk padahal kegunaannya tidak  mempunyai efek yang banyak terhadap sistem komputer kita atau kita sudah mempunyai salinannya pada media lain seperti hardisk eksternal. Nah mungkin kita bisa memutuskan untuk menghapus file tersebut. Pilih Clean Up > delete. Metode penghapusannya terdapat beberapa pilihan yang bisa kita gunakan, akan kita hapus ke Recycle Bin atau hapus permanen.

windistat7

Sampai disini dulu jumpa kita dan selamat mencoba..!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.