July 20, 2024

Memanfaatkan Conditional Formatting Microsoft Excel Untuk Pengaturan Warna Cell

2 min read

Hai teman-teman kalau sebelumnya kita pernah membahas Conditional Formatting Ms. Excel untuk menampilkan Icon tertentu, maka kali ini kita akan membahas  pemanfaatan fasilitas tersebut untuk pengaturan warna cell.

Conditional Formatting merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh Microsoft Excel untuk membuat tampilan data yang berbeda berdasarkan kondisi tertentu. Nah, jika pada Microsoft Excel 2007, fitur ini terletak pada grup Style pada Home Tab. Salah satu bentuk penggunaan Conditional Formatting adalah mengatur warna suatu cell berdasarkan nilai tertentu.

excel21

Sebagai contoh, berikut ini adalah tabel absensi pegawai yang dapat kita gunakan untuk memanfaatkan Conditional Formatting untuk pengaturan warna cell.

excel22

Kolom terlambat(menit) diisi dengan formula :

[sourcecode]

=IF(C6>$D$3;C6-$D$3;0)*24*60

[/sourcecode]

Formula di atas untuk menghitung jumlah keterlambatan dalam menit.

Kemudian kita akan mengatur format pewarnaan cell, dimana jika terlambat lebih dari 15 menit, maka warna cell akan berubah menjadi merah. Berikut langkah-langkahnya :

Langkah 1

Seleksi (blok) cell yang akan diberi conditional formatting, pada contoh di atas maka cell yang diseleksi adalah cell d6 sampai cell d12.

excel23

Langkah 2

Pilih Menu Conditional Formatting -> New Rule pada Tab Home.

excel24

Langkah 3

Kemudian pilih “Use aformula to determine which cells to format”.

 excel25

Langkah 4

Kemudian pada kotak “Format values where this formula is true:” isi dengan formula untuk mengatur format cell. Pada contoh ini formula yang dibuat adalah :

[sourcecode]
=D6>15
[/sourcecode]

excel26

Langkah 5

Formula di atas akan  menyeleksi cell mana yang berisi angka > 15. “D6” pada formula tersebut disesuaikan dengan cell mana yang akan diatur formatnya. Pada contoh ini cell yang akan diatur adalah mulai dari cell D6 ke bawah.

excel27

Langkah 6

Kemudian akan pilih pengaturan format yang diinginkan. Pada contoh ini format yang diinginkan adalah mengubah warna cell menjadi merah, maka pilih tab Fill à pilih warna merah -> klik OK ->OK.

excel28

Maka hasil conditional formatting menjadi :

excel29

Demikianlah sharing tutorial kali ini, mudah-mudahan kalian semua suka dan kita bertemu pada sharing tutorial lainnya.  Terimakasih, semoga bermanfaat ..!!!!

0 thoughts on “Memanfaatkan Conditional Formatting Microsoft Excel Untuk Pengaturan Warna Cell

  1. info bagus
    cuman tolong dilengkapi untuk office versi nya atau minimal office versinya
    atau info ini didemokan di office versi ….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.