July 17, 2024

Mengenal Chromosome Algoritma Genetika Untuk Mengubah Bilangan Integer Genap Ke Bilangan Biner

3 min read

Hai PalComster…!!!  Apa kabarnya neh?? Salam super yaaa…  😀 Kali ini kita akan coba membahas mengenai transformasi bilangan integer ke bilangan biner. Dalam istilah algoritma, transformasi ini masuk kedalam teori Chromosome Algoritma Genetika. Naahh… pernah denger nggak tuh??? 1 jempol deh klo pernah dengar atau baca teori ini, atau 2 jempol buat yang pernah ngutak-ngatik teori ini dalam mata kuliah Algoritma dan Pemrograman. Tutorial / artikel kali ini memang sengaja saya sajikan buat adek-adek yang selama ini masih bingung dalam mentransformasikan bilangan integer ke dalam bilangan biner dalam mata kuliah Organisasi dan Arsitektur Komputer (OAK) ataupun Pengantar Jaringan Komputer (PJK).

Chromosome dalam Algoritma Genetika dapat dibentuk dari bilangan numerik (Integer / Real), biner, maupun karakter. Representasi Chromosome dalam bentuk biner banyak digunakan untuk memudahkan pemrograman untuk proses Crossover dan mutasi algoritma. Dalam logikanya, transformasi bilangan integer ke bilangan biner dilakukan dengan menyimpan angka sisa hasil pembagian sebuah bilangan (mod).

Materi Chromosome Algoritma Genetik ini hampir sama halnya dengan materi subneting dalam mata kuliah pengantar jaringan. Dalam materi subneting, kita harus menterjemahkan nilai desimal kedalam rangkaian bilangan biner yang didapat dari konversi bilangan per-byte-nya.

Dimana :

1 Byte = 8 bit = 1 Octet

biner1Kita dapat menggunakan table biner diatas untuk mendapatkan deret biner dari sebuah bilangan integer. Sebagai contoh, kita akan mengubah angka 30 menjadi bilangan biner. Berdasarkan table biner diatas, kita dapat melakukan beberapa langkah dibawah ini :

a)   Kita harus mendapatkan nilai Desimal terbesar yang paling dekat dibawah angka 30, yaitu 16.
b)   Selanjutnya tambahkan Desimal 16 dengan beberapa desimal lainnya yaitu 8, 4, dan 2, sehingga jumlahnya genap 30.

c)  Posisi kolom lain yang angkanya tidak memenuhi perhitungan dapat digantikan dengan 0 (nol), sehingga hasilnya seperti tabel dibawah ini :

biner2

 

d)  Angka 0 (nol) didepan angka 1 biner pertama dari sebelah kiri, dapat diabaikan sehingga hasil binernya menjadi 11110.

Naah… cara diatas dapat kita substitusikan kedalam materi Chromosome Algoritma Genetika. Ada banyak cara untuk mentransformasikan bilangan integer ke bilangan biner. Hal ini bergantung pada sifat bilangan integer itu sendiri. Berikut adalah tabel sifat bilangan integer yang akan memiliki angka 0 (nol) sebagai sisa hasil bagi, yaitu :

biner3

Dibawah ini diberikan contoh untuk mengubah bilangan integer genap menjadi bilangan biner. Dimana bilangan integer genap tersebut akan habis dibagi 2 sehingga menghasilkan 1 atau 0 sebagai sisa pembagian. Misalkan kita akan mengubah angka 30 menjadi deretan angka biner, yookk kita hitung :

Perhitungan ke-1 :

30     =    2 x 15 + 0    ->    angka 30 didapat dari 2 x 15 yg hasilnya adalah 30 dan sisa hasil baginya 0 (nol)

Perhitungan ke-2 :

15     =    2 x 7 + 1      ->    angka 15 didapat dari 2 x 7 yg hasilnya adalah 14 dan sisa hasil baginya 1

Perhitungan ke-3 :

7       =    2 x 3 + 1        ->    angka 3 didapat dari 2 x 3 yg hasilnya adalah 6 dan sisa hasil baginya 1

Perhitungan ke-4 :

3       =    2 x 1 + 1       ->    angka 1 didapat dari 2 x 1 yg hasilnya adalah 2 dan sisa hasil baginya 1

Perhitungan ke-5 :

1       =    (untuk menghasilkan sisa bagi 1 atau 0, angka integer 1 tidak bisa dibagi 2, sehingga 1 dijadikan nilai biner dalam perhitungan terakhir dari angka 30).

Dari hasil perhitungan diatas, pada perhitungan ke-4 didapat hasil baginya adalah 1. Untuk mendapatkan sisa bagi 1 atau 0, angka 1 sebagai hasil bagi tidak dapat dibagi 2. Sebagai solusi, pada perhitungan ke-5, angka 1 tadi dianggap sisa pembagian terakhir dan juga diikut sertakan kedalam barisan bilangan biner. Jadi, transformasi bilangan integer genap 30 ke bilangan biner adalah 11110. Mudah sekali ya adek-adek?? Untuk bilangan integer dengan berbagai sifat lainnya silahkan diutak-atik sendiri yaaa… selamat mencoba…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.