July 21, 2024

Photography 101 : Exposure

2 min read

HaiPalcomster, selamat datang di artikel Photography 101. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang exposure. Mungkin bagi kita yang hoby photography sudah sering mendengar kata exposure, seperti “wah…fotonya overexposed nih” atau ”kayanya fotonya underexposed deh!”, nah sebenernya apa itu exposure, underexposed, dan overexposed?

Pengenalan Tentang Exposure

Exposure adalah seberapa banyak cahaya yang dapat masuk melalui lensa dan diteruskan ke sensor kamera dengan kata lain exposure adalah seberapa banyak sensor kamera ter-ekspos/ terpapar oleh cahaya yang masuk melalui lensa. Jumlah cahaya yang mengenai sensor kamera ini adalah salah satu factor utama yang akan menentukan hasil akhir sebuah foto. Lalu kenapa cahaya? Yang perlu kita ingat, fotografi itu ibarat melukis dengan cahaya.

Perbedaan Exposure, Underexposed, dan Overexposed

101Apabila pelukis kanvas memerlukan cat dan kuas untuk melukis maka seorang fotografer memerlukan cahaya yang dipantulkan oleh objek agar dapat menghasilkan sebuah foto. Jadi dapat kita simpulkan kita memerlukan cahaya agar dapat menghasilkan sebuah foto. Lalu apa itu Underexposed dan overexposed?

Exposure bisa diibaratkan seperti air yang dikumpulkan pada sebuah ember. Jika ember yang kita gunakan berukuran 10 liter dan kita mengisi ember tersebut dengan air 5 liter maka ember hanya terisi setengah. Maka dalam kondisi ini jumlah air yang dimasukkan kedalam ember dapat di katakan KURANG/UNDER dan apabila ember di isi dengan air sebanyak 15 liter maka kondisi tersebut dapat dikatakan MELEBIHI/OVER.

Maka begitu juga saat kita mengambil foto jika jumlah cahaya yang memasuki lensa dan ditangkap oleh sensor kurang dari “Jumlah Seharusnya” maka foto yang dihasilkan akan menjadi underexposed. Akibatnya foto yang dihasilkan akan terlihat terlalu gelap. Sedangkan apabila cahaya yang melewati lensa dan tertangkap oleh sensor melebihi “Jumlah Seharusnya” maka foto yang dihasilkan menjadi overexposed, foto akan terlihat terlalu terang (wash out).

Lalu bagaimana yang pas? Ya tentu saja ada foto yang memiliki exposure yang pas/Correct exposure. Untuk menghasilkan exposure yang pas maka jumlah cahaya yang masuk kedalam lensa dan diteruskan ke sensor harus pas, dan ada berbagai faktor yang mempengaruhinya. Lalu apa saja faktor yang mempengaruhi exposure? Bagaimana mengukur cahaya yang tepat untuk mengambil sebuah foto? Apakah foto yang tidak memiliki correct exposure selalu jelek? Kita akan bahas di artilek photograpy 101 berikutnya. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.