July 23, 2024

Merubah Bentuk Kursor Halaman Website dengan CSS

1 min read

Pada tutorial ini, kita akan membahas tutorial tentang merubah bentuk kursor halaman Website dengan CSS, Menurut wikipedia dalam teknologi komputasi, kursor adalah suatu petunjuk atau indikator posisi pada monitor komputer atau peranti tampilan lain yang akan merespons masukan dari suatu masukan teks atau peranti penunjuk. Kursor secara umum dapat dibagi menjadi dua jenis: kursor teks dan kursor mouse.

Kursor teks adalah petunjuk pada antarmuka baris perintah (CLI) atau editor teks yang menunjukkan tempat teks akan diletakkan sewaktu dimasukkan (titik penyisipan) dan biasanya berupa garis bawah, segi empat, atau garis vertikal yang dapat berkedip atau stabil. Kursor mouse adalah petunjuk sekunder yang ditambahkan oleh mouse atau peranti penunjuk komputer lain untuk menunjukkan posisi penunjuk tersebut yang bisa berbentuk seperti tanda panah pada sistem GUI atau kotak pada sistem CLI. Dengan menggunakan CSS kita dapat membuat tanda kursor standar yang biasa kita lihat dalam browser menjadi terlihat berbeda seperti yang diinginkan.

Tabel Properti Kursor

kursor

kursor2

Langkah 1

Buatlah teks dengan masing-masing class dari setiap jenis kursor pada web editor, simpan file dengan nama index.html, seperti berikut (coding klik disini).

Kemudian buatlah file css untuk memformat jenis kursor, simpan file css dengan nama kursor.css, seperti berikut (Klik Disini).

Langkah 2

Berikut tampilan berbagai jenis kursor dengan menggunakan css.

kursor3

Demikian tutorialMerubah Bentuk Kursor Halaman Website dengan CSS, Semoga bermanfaat.. 

0 thoughts on “Merubah Bentuk Kursor Halaman Website dengan CSS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.