July 17, 2024

Membuat Efek Gunung Meletus Menggunakan Particle Illusion 3.0

2 min read

Halo PalComSter, semoga anda semua dalam keadaan sehat wal afiat dan tidak kurang suatu apa pun, aamiin. Pada kesempatan kali ini, penulis ingin membahas tentang membuat efek erupsi gunung meletus dengan menggunakan Particle Illusion 3.0. Sebagai persiapan, carilah gambar gunung yang akan dijadikan sebagai background. Anda juga dapat mendownload emitter libraries (il3) selain default libraries yang sudah ada di aplikasi Particle Illusion 3.0. Simak langkah-langkahnya sebagai berikut:

Langkah 1

Buka aplikasi Particle Illusion 3.0 yang anda miliki, atur project setting sebagai berikut (penulis menggunakan setting format VCD PAL).

project1

Langkah 2

Klik kanan pada frame 0, pilih Background Image, pilih gambar yang akan dijadikan background. (Image hanya bersifat sebagai alat bantu penempatan emitter partikel agar tepat dengan gambar atau klip video yang akan diberikan efek).

project2

Langkah 3

Klik kanan pada Layer 0, pilih New Layer, beri nama Asap. Cari emitter Shoot Smoke yang berada dalam folder 2 jendela Default Libraries dan klik pada bagian atas gunung.

project3

Langkah 4

Warna asap pada emitter Shoot Smoke cenderung putih keabuan. Bila anda ingin menggunakan asap dengan warna lebih gelap, anda dapat menggunakan emitter Smoke with Lava dari emitter libraries lain.

project4

Langkah 5

Klik tanda (+) di depan parameter emitter Smoke with Lava tersebut. Pilih opsi Active, pastikan nilainya tetap hingga frame 250 (atau frame terakhir yang anda gunakan).

project5

Langkah 6

Untuk mendapatkan asap yang sesuai, silakan bereksperimen dengan berbagai parameter yang terdapat pada emitter tersebut. Anda dapat melihat perubahan yang terjadi dengan menggeser slider pada jendela frame atau dengan menekan tombol play.

project6

project7

 

Langkah 7

Sebagai contoh, penulis akan mengganti nilai parameter Visibility menjadi 20% agar asap terlihat lebih natural.

project8

Langkah 8

Buat layer baru, beri nama Lava. Cari Fiery 01 dari jendela libraries yang akan digunakan sebagai emitter lava. Letakkan emitter pada bagian yang sama dengan emitter asap sebelumnya. (Sebagai catatan, anda dapat menggunakan tool Select untuk memindahkan posisi emitter bila diperlukan).

project9

Langkah 9

Dengan cara yang sama seperti pada emitter asap, anda dapat bereksperimen dengan mengubah nilai parameter-parameter pada emitter Fiery 01 tersebut.

project10

Langkah 10

Save output dengan menekan tombol O , kemudian Pilih format TGA atau AVI.

project11

Hasil Akhir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.