July 21, 2024

Mendesain Backdrop Startup Dengan Adobe Photoshop CS6

2 min read

Bismillah, salam PalComSter. Semoga anda selalu berada dalam kesehatan dan lindungan-Nya, amin. Seringkali pada sebuah event, terdapat spanduk besar yang dipasang sebagai background event tersebut. Spanduk tersebut dikenal dengan backdrop. Pada kesempatan ini, penulis ingin membagi pengalaman ketika mendesain backdrop untuk event PalComTech StartUp yang baru saja berakhir. Simak tutorial berikut:

Langkah 1

Buka aplikasi Adobe Photoshop versi berapa saja yang anda miliki (penulis menggunakan versi CS6).

Langkah 2

Buat File baru dengan dimensi 350 cm x 200 cm (atau diisi sesuai kebutuhan), resolusi 72 Pixel/inch, Color Mode: RGB Color 8 bit dan Background Content: White dan beri nama Backdrop_StartUp.

backdrop

Langkah 3

Import file psd yang akan digunakan sebagai background. Pada tutorial ini, penulis menggunakan file Grunge_City_Landscape_Background.psd.

backdrop1

Langkah 4

Aktifkan Horizontal Type Tool. Pilih font Arial Black berukuran 250 pt. Ketik teks ‘STMIK POLITEKNIK PALCOMTECH Proudly Presents’ dengan warna putih.

backdrop2

Langkah 5

Klik Add Layer Style, pilih efek Drop Shadow. Atur parameternya seperti gambar:

backdrop3

Langkah 6

Import gambar lampu seperti gambar dibawah ini kemudian atur posisinya seperti berikut:

backdrop4

Langkah 7

Aktifkan kembali Horizontal Type Tool. Ketik teks ‘PalComTech StartUp’ dengan menggunakan jenis font Bauhaus 93, ukuran font sekitar 900 pt dan kode warna #fdefa1 (warna krem). Berikan efek Stroke berwarna coklat dari opsi Add Layer style sehingga tampak sebagai berikut:

backdrop5

Langkah 8

Buat seleksi dengan Rectangular Marquee Tool, beri warna putih sebagai latar teks ‘Pameran Hasil karya Mahasiswa/i STMIK PalComTech’.

backdrop6

Langkah 9

Aktifkan Horizontal Typ Tool, ketik teks ‘Animation’, ‘Design’, ‘Networking’, ‘Website’, ‘Application’, ’Games’, dan ‘E-Commerce’ dengan tipe font System, ukuran bervariasi antara 200 – 350 Pt dan warna putih. Tambahkan efek Layer Style berupa Drop Shadow untuk masing-masing Layer Teks tadi.

backdrop7

Langkah 10

Sebagai langkah terakhir, import file Logo_PalComTeh.psd sebagai sponsor utama terselenggaranya event PalComTeh StartUp tersebut.

backdrop8

Langkah 11

Simpan hasil akhir dalam format PSD, kemudian cetak backdrop tersebut di tempat percetakan desain grafis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.