July 21, 2024

Cara Menghapus Profile Wi-Fi Network di Windows 8 dan 8.1

2 min read

Apa kabar PalComSter! Marhaban ya Ramadhan!

Biasanya jika kamu sering connect ke jaringan Wi-Fi, maka jaringan Wi-Fi yang pernah di-connect tersebut juga akan tersimpan dalam bentuk profile, tujuannya tentu saja untuk memudahkan pengguna jika ingin kembali connect ke jaringan Wi-Fi tersebut tanpa harus memasukkan passwordnya lagi (apabila jaringan Wi-Fi tersebut menggunakan password).

Di Windows 7,  untuk memanajemen/menghapus profile Wi-Fi Network yang sudah pernah di-connect, masih bisa dilakukan melalui Control Panel > Network and Sharing Center > Manage wireless networks.

Namun, di Windows 8 dan 8.1, sayangnya setting tersebut dihilangkan dari Control Panel. Sehingga, pengguna akan mengalami kesulitan jika ingin memanajemen/menghapus profile Wi-Fi Network yang sudah pernah di-connect. Profile Wi-Fi yang sudah tersimpan tersebut akan terus menumpuk dan tentu saja akan mengganggu, apalagi jika jaringan Wi-Fi tersebut sudah berganti SSID ataupun password-nya. Untuk itu, ini dia ada tips yang bisa dilakukan untuk menghapus profile jaringan Wi-Fi yang sudah pernah connect di Windows 8 dan Windows 8.1, atau istilahnya, forget Wi-Fi network.

Langkah 1

Jalankan Command Prompt dengan Run as Administrator, caranya klik kanan Command Prompt lalu klik Run as administrator, atau bisa dengan menekan shortcut Windows + X lalu klik Command Prompt (Admin).

Screen shot 2014-07-01 at 7.53.39 AM

Screen shot 2014-07-01 at 7.53.46 AM

Membuka Command Prompt dengan Run as Administrator

Langkah 2

Setelah terbuka, ketikkan perintah di bawah ini dan tekan Enter.

Code:

[sourcecode language=”php”] netsh wlan show profiles[/sourcecode]

Screen shot 2014-07-01 at 7.53.51 AM

Perintah di atas berguna untuk menampilkan profile jaringan Wi-Fi apa saja yang sudah pernah di-connect. Untuk menghapus profile jaringan Wi-Fi yang sudah pernah di-connect tersebut, ketikkan perintah di bawah ini lalu tekan Enter.

Code:

[sourcecode language=”php”]netsh wlan delete profile name=profile_name[/sourcecode]

NB: profile_name (yang diberi warna merah tersebut) bisa kamu ganti dengan nama SSID profile jaringan Wi-Fi yang sudah pernah di-connect tersebut. Jika berhasil, akan muncul pesan konfirmasi seperti di bawah ini:

Profile “profile_name” is deleted from interface “Wi-Fi”.

Screen shot 2014-07-01 at 7.53.56 AM

Langkah 3

Dan jika kita ingin menghapus semua profile jaringan Wi-Fi yang sudah pernah di-connect tersebut, ketikkan perintah di bawah ini dan tekan Enter:

Code:

[sourcecode language=”php”]netsh wlan delete profile name=* i=*[/sourcecode]

Screen shot 2014-07-01 at 7.54.01 AM

Begitu lah cara menghapus profil Wi-fi Network di windows 8 dan 8.1. Sampai disini dulu tutorialnya, sampai jumpa di tutorial selanjutnya. Semoga bermanfaat!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.