July 25, 2024

Part 1. Merancang Database Sistem Aplikasi Restoran

3 min read

Pada kesempatan kali ini saya akan membuat sebuah sistem aplikasi untuk membantu mempermudah kinerja dan manajemen sebuah toko. Sistem aplikasi yang akan dibuat pada kesempatan kali ini adalah sistem berbasis web dengan menggunakan PHP & MySQL. Tahapan awal yang akan dibutuhkan adalah merancang database dan tabel yang akan dibutuhkan. Database yang akan digunakan adalah database MySQL. Berikut beberapa tabel yang akan dibutuhkan :

  1. Tabel kategori,
  2. Tabel produk,
  3. Tabel supplier,
  4. Tabel user,
  5. Tabel pemesanan,
  6. Tabel penjualan,
  7. Tabel detail_penjualan,
  8. Tabel bantu_penjualan,
  9. Tabel pembelian,
  10. Tabel detail_pembelian,
  11. Tabel bantu_pembelian.

Berikut ini adalah gambaran relasi antar tabel dalam database penjualan dan pembelian yang akan membantu kita melihat hubungan antar tabel.

kategori1

Keterangan Gambar:

kategori2

Tahapan selanjutnya setelah merancang basis data yang akan digunakan selanjutnya kita akan membuat database pada MySQL.

Langkah 1

Masuk ke phpmyadmin sebagai inteface untuk membuat database MySQL. Untuk menggunakan database MySQL sebelumnya sudah terinstal apache pada komputer masing-masing.

kategori4

Langkah 2

Selanjutnya adalah create database yang akan digunakan. Untuk nama database bebas menggunakan nama database apa saja, namun yang perlu untuk diingat adalah nama database belum pernah dibuat sebelumnya dan tidak diperkenankan menggunakan tanda baca dan juga penggunaan spasi.

kategori5

Hasil dari create database

Langkah 3

Langkah selanjutnya setelah selesai membuat database adalah membuat tabel untuk melakukan penyimpanan data. Aturan penamaan tabel sama dengan database yaitu tidak diperkenankan menggunakan tanda baca dan spasi.

kategori6

kategori7

kategori8

Lakukan langkah ini hingga seluruh tabel berhasil dibuat, berikut gambar-gambar tabel lainnya yang berhasil dibuat.

Langkah 4

Tabel produk

Tabel produk adalah tabel yang berfungsi untuk menampung data produk atau barang yang akan dijual pada toko ini. Berikut desain tabel produk.

kategori9

Tabel Supplier

Tabel supplier adalah tabel yang berfungsi menyimpan data penyedia dari barang-barang yang akan dijual di toko. Nama supplier bisa berupa nama toko, distributor, pasar dan lain sebagainya. Berikut desain tabel supplier :

kategori10

Tabel User

Tabel user berfungsi sebagai media penyimpanan data user yang berhak untuk masuk dan menggunakan aplikasi sesuai dengan hak akses masing-masing user. User akan dibedakan menjadi 2 yaitu admin dan kasir. Berikut desain tabel user:

kategori10

Tabel Pemesanan

Tabel pemesanan berfungsi untuk menyimpan data pemesanan yang masuk atau tabel ini berfungsi untuk menyimpan data pelanggan. Berikut desain tabel pemesanan.

kategori12

Tabel Pembelian

Tabel pembelian berfungsi sebagai tabel transaksi pembelian untuk menyimpan data barang yang akan dibeli. Transaksi ini terjadi jika toko membeli produk kepada supplier. Berikut desain tabel pembelian.

kategori13

Tabel Detail Pembelian

Tabel detail pembelian berfungsi sebagai pengembangan tabel pembelian, tabel detail pembelian akan mencatat detail setiap pembelian. Kenapa tabel detail pembelian harus ada?? Alasannya adalah karena biasanya setiap pembelian akan memiliki banyak kemungkinan barang yang akan dibeli dari supplier. Oleh sebab itu dibutuhkan tabel yang mencatat seluruh pembelian barang dari supplier. Pada tabel detail pembelian tidak akan memiliki primary key atau field utama. Berikut ini adalah desain tabel detail pembelian.

kategori14

Tabel Bantu Pembelian

Tabel bantu pembelian adalah turunan dari tabel pembelian. Tabel bantu pembelian berfungsi sebagai tabel sementara untuk menyimpan data barang yang dibeli dari supplier. Berikut desain tabel bantu pembelian.

kategori15

Tabel Transaksi Penjualan

Tabel transaksi penjualan berfungsi untuk menyimpan data transaksi penjualan barang yang dijual kepada pelanggan. Berikut desain tabel transaksi penjualan.

kategori16

Tabel Detail Penjualan

Tabel detail penjualan berfungsi sebagai pengembangan tabel penjualan, tabel detail penjualan akan mencatat detail setiap penjualan. Kenapa tabel detail penjualan harus ada?? Alasannya adalah karena biasanya setiap penjualan akan memiliki banyak kemungkinan barang yang akan dibeli dari pelanggan. Oleh sebab itu dibutuhkan tabel yang mencatat seluruh pembelian barang dari pelanggan. Pada tabel detail penjualan tidak akan memiliki primary key atau field utama. Berikut ini adalah desain tabel detail penjualan.

kategori17

Tabel Bantu Penjualan

Tabel bantu penjualan adalah turunan dari tabel penjualan. Tabel bantu penjualan berfungsi sebagai tabel sementara untuk menyimpan data barang yang dibeli dari pelanggan. Berikut desain tabel bantu penjualan.kategori19

Demikianlah konsep database untuk studi kasus aplikasi pembelian dan penjualan barang. Kita akan melanjutkan ke bagian ke 2 untuk membuat desain,thanks all:)

0 thoughts on “Part 1. Merancang Database Sistem Aplikasi Restoran

  1. itu karena gambarnya aja yang gak muat untuk tarik garis dari user ke penjualan. Coba perhatikan baik field kd_user di table user dan tabel penjualan, *(bintang satu) artinya primary key, **(bintang dua) artinya foreign key, berarti ada relasi antar dua tabel itu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.