July 21, 2024

Menciptakan Class Dan Object Dalam Pemrograman Berbasis Objek

2 min read

object

Kelas (Class) merupakan struktur dasar dalam OOP. Sebuah Class memiliki Atribute dan Methode sebagai tipe anggotanya. Atribut mendefinisikan tipe data, sedangkan Metode mendefinisikan operasi dalam sebuah Class. Cara membuat Class dalam OOP adalah sebagai berikut:

Cara 1

[sourcecode]
public classMakhluk_Hidup
{
<atribut>
<methode>
}
[/sourcecode]

Contoh

[sourcecode]
public class Makhluk_Hidup

{

//Atribute

int bnyk_kaki;

String nama;

//Methode abstrak untuk mendefenisikan sifat Class Makhluk_hidup dari Class turunannya

public abstract walk();

public abstract sound();

}
[/sourcecode]

Deklarasi kelas public harus disimpan dengan nama yang sama dengan nama file, yang diakhiri dengan ekstension file “ .java ”. Kata kunci class digunakan untuk mendeklarasikan suatu kelas. Secara konvensional, setiap kata nama kelas di dalam Java diawali dengan huruf kapital. Nama kelas juga merupakan identifier yang memuat karakter dan tidak memuat spasi. Misalnya, Makhluk_Hidup.

Objek merupakan sebuah instance dalam sebuah Class. Maksudnya, sebuah objek yang ada di dalam sebuah Class akan memiliki sifat yang sama, seperti yang didefenisikan pada atribut dan methode di dalam Class. Cara menciptakan Objek didalam Class adalah sebagai berikut :

Cara 1 :

[sourcecode]</pre>
<namaClass><namaobjek> = new <namaClass>
Makhluk_Hidup MH = new Makhluk_Hidup
<pre>[/sourcecode]

Cara 2 :

[sourcecode]</pre>
//jika menggunakan Array
<namaClass>[]<namaobjek> = new <namaClass>[banyaknya_record]
Makhluk_Hidup[]MH = newMakhluk_Hidup[2]
<pre>[/sourcecode]

Cara 3 :

[sourcecode]
Makhluk_Hidup MH = new Makhluk_Hidup (10,”Kucing”)
//artinya objek MH memiliki banyak kaki (bnyk_kaki) = 10, dan ber-nama= Kucing
[/sourcecode]

Berikut contoh penggunaan Clas dan Object menggunakan JCreator :

[sourcecode]

// Nama File : maxMath.java
import javax.swing.JOptionPane;

public class maxMath
{
int maximum(int x, int y)
{
return Math.max(x,y);
}
public static void main(String[] args)
{
maxMath mM = new maxMath();

String nilai1, nilai2;
int number1, number2;

nilai1 = JOptionPane.showInputDialog(null, "Masukan nilai 1");
nilai2 = JOptionPane.showInputDialog(null, "Masukan nilai 2");

number1 = Integer.parseInt(nilai1);
number2 = Integer.parseInt(nilai2);

int max = mM.maximum(number1, number2);

JOptionPane.showMessageDialog(null,"Nilai maksimum antara " + number1 +
" dan "+number2+" adalah "+max);
System. exit(0);
}
}

[/sourcecode]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.