July 24, 2024

Photography 101 : Macam-macam Kamera Digital Part 1

3 min read

Hai Palcomster selamat membaca artikel “Photography 101”, artikel ini saya khususkan untuk berbagi pengetahuan bagi para penggemar fotografi. Mungkin banyak dari anda yang bertanya-tanya jenis kamera digital mana yang cocok untuk saya miliki?, Pada kesempatan ini saya akan membahas Macam-macam kamera fotografi digital yang populer. Langsung saja kita lihat jenis-jenis kamera di bawah ini :

1. DSLR (Digital Single Lens Reflex) Camera

canon1

 

Kamera digital SLR adalah jenis kamera yang paling fleksibel dan canggih yang tersedia di pasaran. Hal pertama yang Anda ingat tentang kamera Digital Single Lens Reflex adalah bahwa DSLR itu lebih besar daripada kamera compact dan tidak mungkin anda letakkan didalam saku anda. Canon EOS 650D atau Nikon D5200 adalah contoh DSLR berkualitas baik dengan harga terjangkau.

Salah satu fitur yang paling penting dari kamera Digital SLR adalah anda dapat mengubah lensa kamera disesuaikan dengan situasi pemotretan yang berbeda. Misalnya menggunakan lensa 28mm fix untuk pemrotetan wide angle, kemudian lepaskan lensa itu dan memakai lensa tele 200mm Fix untuk mendapatkan foto yang lebih dekat. Anda juga memiliki pilihan untuk menggunakan berbagai lensa zoom dengan rentang zoom yang berbeda. Lensa untuk kamera Digital SLR umumnya akan memiliki kualitas yang lebih baik daripada yang ditemukan pada kamera compact, dimana akan menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik.

Perbedaan besar antara kamera Digital SLR dan kamera compact adalah ukuran sensor gambar. Kamera digital SLR memiliki sensor gambar yang lebih besar yang umumnya akan menghasilkan gambar berkualitas lebih baik. Dengan kamera Digital SLR Anda dapat mengatur kamera ke mode otomatis dan langsung mulai mengambil gambar. Namun Anda juga memiliki pilihan untuk mengambil gambar dalam modus manual penuh, serta dalam Aperture Priority, Shutter Priority atau mode Program. Yang paling penting untuk diingat tentang menggunakan kamera Digital Single Lens Reflex adalah bahwa Anda memiliki kontrol lebih besar atas cara gambar akan diambil dengan pengaturan eksposur.

2. Compact Digital Camera

canon2

Kamera compact digital, yang juga dikenal sebagai Point dan shoot camera, bervariasi dalam fitur, harga, dan gaya. Ukuran yang lebih kecil dan kemudahan penggunaan adalah daya tarik utama dari jenis kamera digital ini. Kebanyakan kamera compact dasar akan muat dalam saku atau tas kecil. Semua kamera kompak saat ini memiliki tiga kali (3X) lensa zoom minimum dan setidaknya 12 megapixel. Dengan megapixels yang besar, akan menghasilkan gambar dengan kualitas yang baik dan dapat diperbesar sampai 16 X 20 inci ukuran cetak.

Kamera digital kompak zaman sekarang silengkapi dengan mode otomatis penuh yang sangat bagus untuk pemula atau mereka yang hanya ingin “point and shoot” saat mengambil gambar. Selain mode otomatis, kamera pocket digital juga dilengkapi dengan sejumlah scene mode seperti landscape, beach, sport dan firework. Scene mode tersebut membuat kamera pocket mudah beradaptasi dengan berbagai situasi pengambilan gambar.

Penyesuaian manual untuk pengaturan kamera seperti kecepatan shutter atau pengaturan aperture lensa tidak dapat dilakukan pada kamera compact digital dasar. Fungsi-fungsi tersebut diatur secara otomatis ketika Anda mengambil gambar. Jadi sekali lagi, kamera compact yang dibuat untuk kemudahan penggunaan bukan memberikan fotografer kontrol penuh atas setiap pengaturan kamera. Namun, fotografer kasual bisa mendapatkan gambar berkualitas baik dari kamera compact dasar dan biasanya tidak memerlukan (menggunakan) penyesuaian manual.

Nah, kita sudah membahas 2 jenis kamera digital pada artikel ini, pembahasan selanjutnya akan dimuat dalam artikel berikutnya ([download id=”1030″]).

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.