July 23, 2024

Cara Menginstall Compiler GCC (GNU Compiler Collection) Untuk Bahasa Pemrograman C Dan C++ Pada Sistem Operasi Linux

3 min read

Sebelum menjalankan atau ingin membuat program dari bahasa pemrograman C atau C++ di sistem operasi linux khususnya ubuntu atau kubuntu dan lain-lain, maka kita memmerlukan suatu Compiler. Compiler merupakan sebuah program komputer yang berguna untuk menerjemahkan program komputer yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu menjadi program yang ditulis dalam bahasa pemrograman lain atau memeriksa kecocokan sintaks yang anda tuliskan dengan standar aturan penulisan kode program untuk suatu bahasa pemrograman tertentu.

Compiler yang sangat populer dan sering digunakan di sistem operasi linux adalah GCC yang merupakan singkatan dari GNU Compiler Collection, yaitu sebuah compailer open source yang dikembangkan oleh komunitas GNU project. Nama ini sangat sesuai dengan makna yang tersirat dari singkatan tersebut, yaitu sebuah compiler yang khusus bekerja untuk bahasa pemrograman C. Namun kini GCC telah mengalami perubahan yang sangat besar dimana modifikasi dan pengembangan telah, sedang dan masih terus dilakukan secara masal dan paralel oleh banyak orang di seluruh dunia. Hal ini menyebabkan terjadinya pergeseran makna dari singkatan GCC dari yang awalnya GNU C compiler menjadi GNU Compiler Collection. Makna dari singkatan yang baru ini rasanya lebih cocok dengan kondisi saat ini dimana GCC tidak hanya mensupport bahasa C tetapi juga bahasa pemrograman lainya seperti C++, Fortran, Java, Ada dan beberapa bahasa pemrograman lainnya yang masih sedang terus diusahakan agar dapat ter-cover dalam GCC. Oleh karena itu pantaslah kalau GCC sekarang merupakan singkatan dari GNU Compiler Collection yang terjemahan Indonesianya berarti “Koleksi Kompiler GNU”.

Langkah 1

Untuk instalasi GCC untuk compiler gcc dan g++, caranya gampang langkah pertama yaitu pastikan GCC sendiri belum ada atau terpasang pada divice anda 😀 , cek dengan perintah :

arza1

atau bisa juga dengan perintah :

arza2

Langkah 2

Jika muncul keterangan seperti dibawah ini.

arza3

Berarti compailer gcc belum terpasang pada device anda, langkah pertama yaitu update device anda dengan perintah sudo apt-get update yang berfungsi untuk memperbaharui atau penambahan data pendukung yang nantinya di gunakan untuk menginstall GCC. Untuk mengistall paket GCC sendiri masukan perintah dibawah ini :

arza4Kemudian jika muncul dialog seperti dibawah :

arza5Langkah 3

Maka tekan huruf “Y” untuk melanjutkan instalasi GCC. Disini huruf “Y” diasumsikan ya, untuk mendorong kelanjutan instalasi. Selanjutnya tunggu sampai proses instalasi selesai , jika proses instalasi selesai. Cek kembali paket GCC yang telah diinstall dengan perintah yang sama seperti diatas, yaitu dengan perintah gcc –version untuk compiler bahasa pemrograman C dan g++ –version untuk compiler bahasa C++ :

arza6

Langkah 4

Jika muncul keterangan seperti diatas , maka instalasi GCC (gcc dan g++) telah berhasil. “Simple Bukan ? :D”. Selanjutnya tinggal mencoba untuk membuat contah program bahasa C/C++ yang menggunakan compiler gcc yang telah diinstal sebelumnya. Membuat program bahasa C/C++ bisa menggunakan teks editor gEdit atau nano. Disini penulis menggunakan teks editor nano dengan dengan memberikan ekstensi .c pada nama program, contoh :

arza7Kemudian masukan contoh kode atau script, seperti dibawah ini :

arza8

Langkah 5

Setelah itu save dengan menekan tombol Ctrl+o kemudian tekan enter dan keluar dengan perintah Ctrl+x. Kemudian eksekusi program contoh1.c sehingga dengan perintah gcc [nama.file] sehingga dibaca sebagai sutu program yang menggunakan bahasa c dan jalankan seperti langkah dibawah ini :

arza9Jika tidak terjadi error, maka langkah yang telah dijalankan sudah benar. Selanjutnya tinggal kalian yang mencoba… :).

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.