July 14, 2024

Cara Mengubah Tampilan Bootloader Menggunakan Burg

2 min read

Biasanya pada saat menginstall dual boot antara linux dan windows, sewaktu-waktu nanti anda merasa bosan dengan tampilan grub yang itu-itu saja seperti pada gambar dibawah ini :

gnu1

Nah.. Pada tutorial ini akan membahas bagaimana cara merubah tampilan grub loader menggunakan burg. Apa itu Burg ?….. Burg adalah bootloader yang berdasarkan grub. Tidak seperti grub yang hanya tampilan teks, burg memiliki tampilan berupa grafis yang menarik. Burg sendiri merupakan singkatan dari Brand-new Universal loadeR from GRUB ini didasarkan pada grub dan menambahkan fitur seperti format objek baru dan sistem menu yang dapat dikonfigurasi. Mari kita mulai langkah-langkah instalasi Burg.. :

Langkah 1

Tambahkan source list burg dengan mengetikan perintah seperti dibawah ini dalam terminal konsole :

gnu2

Langkah 2

Kemudian jika muncul dialog seperti dibawah :

gnu3Maka tekan huruf “Y” untuk melanjutkan instalasi burg dab burg-themes. Disini huruf “Y” diasumsikan ya, untuk mendorong kelanjutan instalasi.

Langkah 3

Setelah proses instalasi selesai, maka akan muncul tampilan konfigurasi seperti dibawah ini :

gnu4

Tekan tombol “enter” untuk langkah selajutnya biarkan “lewatkan saja” :

gnu5

Langkah 4

Biarkan “seperti itu” tekan “enter” :

gnu6

Kemudian gunakan “spasi” untuk memberikan tanda bintang pada hard drive, selajutnya tekan “enter”. Jika langkah konfigurasi telah selesai, selanjutnya masukan perintah seperti dibawah ini :

gnu7

 Langkah 5

 Selanjutnya masukan perintah update burg dengan perintah seperti dibawah ini :

gnu8

Pastikan tidak terjadi error, sebelum melakukan restart pada device anda coba dahulu apakah burg telah benar terinstall dengan perintah seperti dibawah ini :

gnu9

Langkah 6

Pada saat melakukan testing pada burg, anda juga dapat melakukan konfigurasi dan menganti tema burg dengan menekan tombol :

– F1 Untuk Bantuan
– F2 Untuk mengganti Tema
– F3 Untuk Mengganti Resolusi

Jika semua langkah selesai maka hasil akhirnya akan seperti ini :

gnu10

Untuk menghilangkan “linux recovery” dalam tampilan booting akan kita bahas dalam tutorial selanjutnya….. selamat mencoba  🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.