July 21, 2024

Cara mengatasi kerusakan pada USB Port

1 min read

Kalian pernah mengalami semua USB Port pada laptop kalian berhenti bekerja sekaligus ? dan juga laptop berhenti mengenali perangkat USB yang terhubung ke port USB laptop kalian ?

1

Maka kemungkinan penyebabnya adalah :

  1. Terjadi masalah pada software.
  2. Adanya kerusakan pada USB controller.

Lalu, bagaimana solusinya ? Bagaimana cara mengatasi kerusaka tersebut ? Jangan khawatir, berikut adalah langkah pemecahan masalah dan solusi perbaikannya :

  1. Uninstall semua entri USB terkait di device manager. Lalu restart laptop dan biarkan kembali mendeteksi port USB dan menginstall driver. Test USB port. Jika tidak membantu, pindah ke langkah berikutnya.
  2. Back up semua file dan menginstall ulang Windowsdari awal. Mungkin semua port USB berhenti bekerja karena beberapa sistem file rusak.
  3. Jika menginstall ulang Windows dari awal tidak membantu, kemungkinan besar ini adalah kerusakan hardware terkait.

Rupanya, motherboard memiliki controller USB yang rusak. Jika itu terjadi, seluruh motherboard harus diganti. Atau, kalian dapat menggunakan kartu PCMCIA eksternal USB. Kalian pasang kartu ini ke slot PC dan dapatkan 2 atau 4 posrt USB sebagai gantinya.

Itulah tadi beberapa cara untuk mengatasi kerusakan pada USB port kalian. Semoga dapat berguna dan bermanfaat serta dapat mengatasi kerusakan USB port yang terjadi.

Penulis : Krisna Islami (Sistem Infomasi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.