July 24, 2024

Membuat Efek Foto Dispersion di photoshop By UKM PalComTech Digital Art

2 min read

Semangat Pagi PalComSter,

Kembali lagi bersama kami (UKM PalComTech Digital Art), kali ini kami akan membagikan bagaimana cara membuat efek Dispersion pada foto. Yuk mari dipraktikan !

Langkah Pertama

Pilih foto yang akan di berikan efek dispersio  dengan  cara menekan (Ctrl+O) pada keyboard, Seleksi gambar model, menggunakan Magic Wand Tool tekan tombol (W). Aktifkan Magic Wand tool, klik pada bagian luar foto untuk mendapatakan seleksi.(Semua langkah dilakukan dengan asumsi sudah membuka aplikasi photoshop ya PalComSter).

Selanjutnya kembalikan lagi seleksi tadi dengan cara memilih menu Select-Inverse atau menekan Ctrl+Shift+I pada keyboard. Nah ini buat kalian yang menginginkan seleksi yang bagus bisa menggunakan fungsi Refine edge. Caranya pilih menu Select-Refine edge atau dengan menekan Ctrl+Alt+R pada keyboard.

Selanjutnya gunakan brush yang berfungsi untuk merapikan pada bagian yang telah ditandai dengan warna merah, pilih Ok, setelah itu secara otomatis akan mendapatkan layer baru.

Langkah Kedua

Tekan tombol (V) yang berfungsi untuk mengaktifkan Move tool, lalu geser foto ke kanan, ini digunakan untuk memberi efek dispersio pada bagian belakang foto.

Langkah Ketiga

Pada tahapan ini, yang akan dilakukan adalah memberikan background pada foto.

Buatlah sebeuah layer baru diatas background, lalu tekan tombol (G) yang berfungsi mengaktifkan Gradient Tool, langkah selanjutnya tarik tool ini dari kiri ke kanan tapi dengan tipe linier gradient.

Langkah Keempat

Balik lagi ke layer model, selanjutnya tampahkan layer mask pada layer model lalu duplikat layer model dengan cara menekan (Ctrl+J) pada keyboard

Langkah Kelima

Kemudian balik ke layer model yang bagian bawah, pilih menu filter-Liquify, Selanjutnya gunakan Forward Warp tool untuk menarik foto seperti gambar dibawah :

Kemudian aktifkan Paint Bucket tool (G) dengan menggunakan warna hitam, selanjutnya gunukan untuk mengubah warna mask, dengan hasilnya layer akan berubah menjadi hitam.

Langkah Keenam

Mengaktifkan Brush tool dengan tipe Rough Round Bristle untuk umuruan menyesuaikan foto, pada tutorial ini foto yang digunakan 600 Px

Pada layer yang dibawah gunakan brush dengan menggunakan warna putih, berfungsi untuk menampilkan file yang telah disembunyikan dengan warna hitam sebelumnya, lalu sapukan secara perlahan pada layer ini.

Sapukan terus-menerus sehingga terlihat seperti gambar dibawah ini :

Jika pada layer yang dibawah, menampilkan layer  dengan warna putih. Maka kebalikan untuk layer yang diatas menggunkan warna hitam dengan tetap menggunakan brush, maka akan terlihat seperti dibawah ini :

Untuk memberikan kesan warna yang lebih menarik, tambahkan beberapa adjusment layer. Cara menambahkan adjusment layer klikicon adjusment layer yang ada dibawah layer box, Disini Adjusment layer yang digunakan adalah Hue/saturation, Exposure dan Color balance.

Final.
Inilah hasil akhir dari pemberian efek Dispersion :

Bagaimana menarik bukan, silahkan di praktikan ya.. PalComSter.

Dan sampai jumpa pada artikel kami selanjutnya ya 🙂

Penulis : Ria Kumala (UKM PalComTech Digital Art)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.