July 24, 2024

Belajar Programming Bersama UKM Programming

2 min read

Apa itu Programming ?

Programming adalah sebuah proses seseorang menulis, memperbaiki, menguji, dan memelihara kode-kode dalam membuat sebuah program komputer. Kode-kode tersebut ditulis dalam bahasa pemrograman yang tidak hanya ada satu macam saja.

Anda bisa membuat sebuah program dengan bahasa pemrograman yang mungkin berbeda dengan bahasa milik teman Anda. Tergantung bahasa pemrograman apa yang Anda kuasai dalam melakukan program sistem dengan Anda memahami dan mampu mengaplikasikan langsung bahasa ke dalam program.

Di UKM Programming kami mempelajari salah satu bahasa Pemprograman yaitu Bahasa PHP: Hypertext Preprocessor. Pada awalnya PHP merupakan singkatan dari Personal Home Page. Sesuai dengan namanya, PHP digunakan untuk membuat website pribadi.

Dalam beberapa tahun perkembangannya, PHP menjelma menjadi bahasa pemrograman web yang powerful dan tidak hanya digunakan untuk membuat halaman web sederhana, tetapi juga website populer yang digunakan oleh jutaan orang seperti wikipedia, wordpress, joomla, dll.

Nah pada tanggal 07 Desember 2019, kami melakukan kegiatan ngoding yaitu membuat Form Data Table menggunakan bahasa pemprograman PHP.

Berikut langkah – langkah pembuatan Form Data Table :

  1. Jalankan XAMPP Control Panel, kemudian aktifkan Apache dan MySQL
  2. Akses ke database MySQL melalui browser dengan url: http://localhost/phpmyadmin/
  3. Buat database dengan nama sesuka hati Anda kemudian buat sebuah table dengan nama “tb_mahasiswa” dengan field seperti pada gambar dibawah ini:
  4. Desain / buat form input data PHP. Tampilannya seperti berikut:

Untuk membuat form input data yang dapat diakses melalui web browser seperti gambar diatas, tulis script PHP berikut pada text editor (Visual Studi Code):

  • Buat file dengan nama file Config.php lalu masukkan Script Code di bawah
  • Buat file dengan nama file index.php lalu masukkan Script Code di bawah
  • Buat file dengan nama file p-simpan.php lalu masukkan Script Code dibawah
  • Buat file dengan nama file view.php lalu masukkan Script Code dibawah ini
  • Maka ketika anda menginput data di form,selanjutnya akan muncul table seperti berikut ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.