Pilihan Topik PKL dan Skripsi Program Studi Informatika Program Sarjana Genap 2022/2023

Informasi Penandatanganan Ijazah, Transkrip Nilai dan Pengambilan SKPI Yudisium 31 Mei 2023

Kami informasikan kepada mahasiswa/i program studi Informatika program sarjana, berikut pilihan topik PKL dan Skripsi serta rekomendasi dosen pembimbing Skripsi Mahasiswa Genap 2022/2023:

1. Topik PKL

  • Rekayasa Perangkat Lunak
  • Keamanan Data (Kriptografi)
  • Infrastruktur Jaringan
Topik SkripsiDeskripsiPilihan Dosen PembimbingCek Judul
Sistem Cerdas, terbatas pada :
a. Pengenalan PolaPengenalan pola bertujuan memberikan kemampuan kepada komputer untuk mendeteksi keberadaan objek/peristiwa di sebuah lingkungan serta untuk menentukan jenis/nama dari objek/peristiwa tersebut. pengenalan pola muncul dalam bentuk komputer yang mampu mengenali wajah dan suara manusia, mampu mengubah ujaran menjadi teks (melakukan transkripsi), mampu membaca atau menentukan makna rambu-rambu/tulisan di jalan raya, mampu memprediksi cuaca, memprediksi harga komoditas, dan lain sebagainya.– Rezania Agramanisti Azdy, S.Kom., M.Cs.
– Andri Saputra, S.Kom., M.Kom.
– Hendra Effendi, S.Kom., M.Kom.
– D. Tri Octafian, S.Kom., M.Kom.
– Benedictus Effendi, S.T., M.T
http://repo.palcomtech.ac.id/
b. PeramalanPeramalan adalah seni dan ilmu untuk memprediksi kejadian di masa depan, dengan melibatkan pengambilan data masa lalu dan menempatkannya ke masa yang akan datang dengan suatu bentuk model matematis.
c. Data MiningData Mining adalah proses yang menggunakan teknik statistik, matematika, kecerdasan buatan,  machine learning  untuk mengekstraksi dan mengidentifikasi informasi yang bermanfaat dan pengetahuan yang terkait dari berbagai database besar.
Pengolahan bahasa alami (natural languange processing), pemrosesan kata (word processing)
d. Sistem Pakar/SPKSistem Pakar merupakan sistem informasi yang berisi pengetahuan seorang pakar sehingga dapat digunakan untuk konsultasi. Pengetahuan seorang pakar yang dimiliki oleh Sistem Pakar ini digunakan sebagi dasar untuk menjawab pertanyaan (konsultasi)
Sistem pendukung keputusan (SPK) adalah sebuah sistem yang mampu memberikan kemampuan pemecahan masalah maupun kemampuan pengkomunikasian untuk masalah dengan kondisi semi terstruktur dan tak terstruktur. Sistem ini digunakan untuk membantu pengambilan keputusan dalam situasi semi terstruktur dan situasi yang tidak terstruktur, dimana tak seorangpun tahu secara pasti bagaimana keputusan seharusnya dibuat.
2. Keamanan Data (enkripsi/dekripsi)Keamanan data adalah perlindungan data di dalam suatu sistem melawan terhadap otorisasi tidak sah, modifikasi, atau perusakan dan perlindungan sistem komputer terhadap penggunaan tidak sah atau modifikasi.-Guntoro Barovih, S.Kom., M.Kom.
– Andri Saputra, S.Kom., M.Kom.
– Mahmud, S.Kom., M.Kom.
– D Tri Octafian, S.Kom., M.Kom.
3. Teknologi Internet
a. Keamanan Jaringan (firewall, protocol, dll)
Sistem Keamanan jaringan komputer adalah suatu sistem untuk mencegah dan mengidentifikasi penggunaan yang tidak sah dari jaringan komputer. Tujuan Keamanan jaringan adalah untuk mengantisipasi resiko jaringan komputer berupa bentuk ancaman fisik maupun logik baik langsung ataupun tidak langsung mengganggu aktivitas yang sedang berlangsung dalam jaringan komputer– Guntoro Barovih, S.Kom., M.Kom.
– Mahmud, S.Kom., M.Kom.
b. Internet of Things
Terbatas pada:
Pengunaan pada Aktifitas Manusia yaitu:
Kesehatan Manusia
Perkotaan
Bencana Alam
Smart device
IoT atau yang disebut Internet of Things merupakan teknologi yang memungkinkan benda-benda di sekitar kita terhubung dengan jaringan internet. Contoh : Aplikasi Informasi Banjir Online, Sistem Notifikasi Gempa dan Tsunami, sistem Smart Parking, Smart Street Lighting System.– Guntoro Barovih, S.Kom., M.Kom.
– Mahmud, S.Kom., M.Kom.

Demikianlah informasi ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these