Layanan iPusnas Perpustakaan Dalam Genggaman

Perpustakaan Nasional sebagai induk perpustakaan dari seluruh Indonesia saat ini mempunyai layanan online yang bisa menjangkau semua kalangan. Sebagai wujud memberikan layanan prima bagi seluruh masyarakat, Perpusnas menyediakan layanan iPusnas yang dapat diakses secara gratis. iPusnas adalah sebuah platform media sosial untuk mengakses e-Bookstore & e-Pustaka, membangun jaringan/komunitas sesama pembaca, dan juga tentunya sebagai e-Reader untuk membaca eBook. iPusnas dapat diakses di berbagai medium perangkat mulai dari desktop dan PC berbasis situs (web-based), netbook dan tab based hybrid (tab-base application), dan mobile (smartphone-based application).

Dibawah ini adalah welcome screen iPusnas setelah melakukan instalasi iPusnas di smartphone.

Connect with Email merupakan fitur yang digunakan untuk masuk ke dalam aplikasi iPusnas menggunakan alamat Email. Di bawah ini adalah langkah-langkahnya :

Untuk memulai menggunakan aplikasi iPusnas ini, terlebih dahulu melakukan langkah seperti diatas, jika belum terdaftar dalam aplikasi iPusnas maka langkah selanjutnya setelah menekan tombol connect with facebook dan connect with email makan setelah itu masuk form registrasi.

Untuk mendapatkan detail dari suatu buku, pilih salah satu cover buku yang ingin anda lihat detailnya. Setelah itu akan muncul detail informasi, yaitu judul buku, pengarang buku, ISBN, penerbit, tanggal terbit, rating buku, dan harga buku, synopsis, Want List (List yang menginginkan buku tersebut), is Read (yang sedang membaca buku tersebut), has Read (yang selesai membaca buku tersebut), review.

Bagaimana cara meminjam ebook di iPusnas? Setelah login, pengguna cukup mencari buku yang dicari, klik “pinjam” dan tunggu hingga terunduh 100% dan buku siap dibaca. Ada sistem antrian dimana koleksi ebook sudah terpakai salinannya, sudah dipinjam semua. Jika ingin pinjam, maka akan masuk ke wishlist sembari menunggu buku yang selesai dipinjam.

Aplikasi iPusnas ini selain dipergunakan dalam kondisi terkoneksi dengan akses internet atau Online, iPusnas ini bisa digunakan dalam keadaan tanpa koneksi internet atau offline akan tetapi ada batasan akses saat iPusnas tidak mendapatkan akses internet, adapun iPusnas bisa digunakan hanya sebatas membaca buku dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Sudah masuk dalam ke iPusnas ketika masih menggunakan iPusnas
  2. Sudah mendownload atau mengunduh buku.

Demikianlah informasi mengenai Layanan IPusnas dari Perpustakaan Nasional semoga bermanfaat silahkan share ke orang terdekat kamu.

 

Pertama dan satu-satunya KULIAH BEBAS PR di kampus yang paling VIRAL di Kota Palembang  Sangat Cocok buat kamu yang baru tamat sekolah dan pengenkampus yang fun, Anti Stress dan kekinian!!

Kuliah ASIK , Bebas PR !!!!

Daftar sekarang!

📲 0812-7178-8080

Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech
Jl. Jendral Basuki Rahmat No. 05, Palembang, Sumatera Selatan
Buat kalian yang masih mager untuk daftar langsung  cukup klik  tombol di bawah ini ya…

Daftar Kuliah

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these