Resensi Buku Dasar Pemrograman Python 3

 

Python merupakan bahasa pemrograman beraras tinggi yang diciptakan oleh Guido Van Rossum 1989 di Amsterdam, Belanda. Python menawarkan berbagai kemudahan dalam menulis suatu program. Sebagai bahasa yang multiplatform, yang dapat berjalan dalam lingkungan seperti Windows, UNIX, Linux, dan Mac, Python memberikan portabilitas yang tinggi. Bahkan saat ini Python juga digunakan untuk memprogram hardware di Raspberry Pi, sebuah komputer seukuran kartu kredit.

Buku ini sangat menarik untuk dibaca oleh siapa saja yang berminat mempelajari pemrograman Python. Dengan menggunakan pendekatan sederhana dan disertai banyak contoh, buku ini membuat pemrograman Python akan menjadi mudah dipelajari dan dikuasai oleh siapa saja. Materi-materi berikut dibahas di buku ini:

  1. Cara menginstalasi interpreter Python
  2. Penggunaan Python secara interaktif dan melalui skrip
  3. Pembuatan fungsi
  4. Struktur data berupa list, dicitionary, tuple dan set
  5. Penanganan eksepsi
  6. Pengenalan sejumlah pustaka seperti sys, math, time dan pickle
  7. Pembuatan kelas dan objek
  8. Penanganan file
  9. Graphical User Interface (GUI) dengan tkinter

Kelebihan Buku:

  1. Buku ini tepat untuk menjadi sumber referensi karena menawarkan kemudahan dalam menulis suatu program.
  2. Sampul dari buku ini dirancang dengan warna monokrom dan berpadu dengan judul yang ditulis menggunakan font ukuran sedang, menjadikan buku ini mempunyai daya tarik untuk dibaca.

Semoga artikel kali ini bermanfaat sehingga dapat meningkatkan semangat Palcomsters untuk berkunjung dan membaca buku di perpustakaan. Ditunggu kunjungannya!

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these