Resensi Buku Business Ethics And Entrepreneurship

Resensi Buku Business Ethics And Entrepreneurship

Resensi Buku Business Ethics And Entrepreneurship

Identitas Buku :

  1. Judul              : Business Ethics And Entrepreneurship
  2. Pengarang     : Dr. H. Saban Echdar dan Dr. Maryadi
  3. ISBN              : 978-623-02-0372-5
  4. Penerbit         : Deepublish
  5. Tempat Terbit : Yogyakarta

Buku ini disusun untuk memberikan pencerahan dan membantu para pembaca, wirausahawan dan mahasiswa dalam mendapatkan referensi, khususnya yang berkaitan dengan bagaimana beretika bisnis yang baik dan berwirausaha yang benar. Buku ini hadir dan menjadi sangat penting bagi mahasiswa sebagai calon wirausaha dan para wirausaha sebagai rujukan dan panduan dalam berwirausaha dan beretika. Sebab secara jangka panjang, etika memiliki nilai plus dibandingkan laba yang mengesampingkan unsur etika. Wirausaha yang baik bukan sekadar mengejar keuntungan semata, tetapi yang lebih penting adalah bagaimana menentukan pola komunikasi agar tidak melenceng dari konsep yang ada, baik itu konsep tertulis maupun konsep tak tertulis. Seorang wirausaha bisa saja meraup keuntungan besar dalam waktu yang relatif singkat. Namun jika ia mengabaikan etika dalam berbisnis, bisa dipastikan keuntungan yang diperoleh tidak bertahan lama. Padahal dalam berwirausaha, keuntungan yang ingin diraih bukan sekadar sekali atau dua kali, akan tetapi dalam jangka panjang dan terus-menerus. Dengan kewirausahaan yang baik, dibarengi dengan etika bisnis yang baik akan memunculkan keuntungan yang berkesinambungan. Pembahasan buku ini berisi dua topik penting yaitu etika bisnis dan kewirausahaan. Dibahas dalam 13 bab, dengan sejumlah sub bab. topiktopik utama yang dibahas diawali dari Etika dan Teori Etika; meliputi: Pengertian etika dan unsur-unsurnya, Teori, prinsip-prinsip etika dan pentingnya pemahaman etika dan manfaat etika dalam bisnis, Penerapan etika dalam perusahaan dan pertimbangan moral dan normatif dalam etika serta perbedaan metode dalam teologi moral. Etika dalam berbisnis; meliputi: Aspek penting dalam berbisnis; pengertian dan manfaat etika bisnis, peran dan prinsip etika dalam bisnis, pentingnya etika bisnis dalam dunia bisnis, penerapan etika dalam organisasi perusahaan, dan indikator etika bisnis, masalah etika dalam bisnis dan contoh pelanggaran etika bisnis.

Etika bisnis dan kewirausahaan adalah dua aspek yang sangat penting dalam dunia bisnis modern. Etika bisnis mengacu pada seperangkat nilai-nilai, prinsip, dan norma-norma moral yang harus diikuti oleh perusahaan dan individu dalam menjalankan bisnis mereka. Sedangkan kewirausahaan merujuk pada kemampuan untuk menciptakan, mengembangkan, dan mengelola usaha atau proyek dengan tujuan mencapai keuntungan. Pentingnya Etika Bisnis dalam Kewirausahaan:

  1. Integritas: Etika bisnis mencakup nilai-nilai integritas, kejujuran, dan transparansi. Seorang wirausaha harus berpegang teguh pada integritas dalam segala aspek bisnisnya untuk membangun kepercayaan dan kredibilitas di mata klien, pelanggan, mitra, dan masyarakat umum.

  2. Pengelolaan Risiko: Etika bisnis membantu dalam menghadapi dan mengelola risiko dengan cara yang bertanggung jawab. Memperhatikan dampak dari keputusan bisnis pada pemangku kepentingan dan lingkungan membantu mencegah dampak negatif jangka panjang.
  3. Kepatuhan Hukum: Etika bisnis mengarahkan wirausaha untuk mematuhi semua peraturan dan hukum yang berlaku. Melanggar hukum dapat merusak reputasi perusahaan dan berdampak buruk pada kelangsungan bisnis.
  4. Perlakuan yang Adil: Etika bisnis melibatkan memperlakukan semua pihak secara adil, termasuk karyawan, pelanggan, pemasok, dan pesaing. Sikap yang adil akan menciptakan lingkungan yang positif dan produktif.
  5. Tanggung Jawab Sosial: Etika bisnis juga berhubungan dengan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat, lingkungan, dan komunitas di sekitarnya. Perusahaan yang mempertimbangkan dampak sosialnya akan lebih dihargai oleh masyarakat.

Dengan membaca buku etika bisnis, calon wirausaha dan calon para pemimpin bisnis dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang bagaimana etika berperan dalam dunia bisnis, serta memperkuat komitmen mereka untuk menjalankan bisnis dengan integritas dan bertanggung jawab. Ini akan membawa manfaat jangka panjang bagi bisnis mereka dan masyarakat yang dilayani.


Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech
Jl. Jendral Basuki Rahmat No. 05, Palembang, Sumatera Selatan
Buat kalian yang masih mager cukup klik tombol dibawah ini.

 

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these