Pustakawan Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech Menghadiri Koordinasi Jejaring IOS di Palembang

Indonesia One Search (IOS) adalah sebuah portal pencarian yang memungkinkan pengguna mencari berbagai jenis informasi yang terkait dengan Indonesia dalam satu tempat. IOS adalah inisiatif dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) dan berfungsi sebagai mesin pencari yang memungkinkan pengguna mencari informasi dari berbagai sumber, termasuk perpustakaan, institusi pendidikan, lembaga penelitian, dan lainnya.

Pustakawan Institut Teknologi dan Bisnis Palcomtech menghadiri kegiatan Koordinasi dan Advokasi dengan Mitra Jejaring Indonesia One Search di Wilayah Sumatera Selatan berdasarkan Undangan Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional RI, Nomor : B.11204/2/JPI.06/VIII.2023. Kegiatan ini bertempat di Hotel Harper Palembang yang berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 5-7 September 2023.

Acara ini di hadiri oleh 125 orang peserta yang berasal dari Pustakawan, Pengelola Perpustakaan dan Forum/Asosiasi di Wilayah Sumatera Selatan. Acara ini di buka secara resmi oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kersipan  Provinsi Sumatera Selatan Fitriana, S.Sos. M.Si dalam sambutannya beliau memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada Perpustakaan Nasional RI atas perhatian dan dukungannya selama ini atas peningkatan literasi di Sumatera Selatan, baik dukungan secara fisik maupun dukungan dalam peningkatan SDM dan tenaga pustakawan.

Kegiatan Koordinasi dan Advokasi menghadirkan pemateri Kepala Pusat Data dan Informasi Perpustakaan Nasional Dr. Taufiq A Gano, S.Kom., M. Eng.Sc.. Menurutnya, Indonesia One Search merupakan sebuah portal temu Kembali yang Open Access, dapat diakses oleh siapapun dan dimanapun dan memberikan informasi yang tepat dan akurat karena portal Indonesia One Search menghimpun seluruh data koleksi yang ada di Perpustakaan, baik itu perpustakaan sekolah, perguruan tinggi, khusus, atau instansi pemerintah, dan perpustakaan umum. Dan juga menghimpun data koleksi dari arsip dan museum serta dapat untuk mengakses jurnal-jurnal nasional maupun internasional.

Tentu saja, menyadari keterbatasan koleksi adalah langkah yang bijak untuk meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan. Perpustakaan Institut PalComTech melalui kegiatan ini telah bergabung dengan Indonesia One Search, dengan mengambil langkah ini, perpustakaan kami dapat lebih efektif dalam memenuhi kebutuhan informasi pemustaka, yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas pembelajaran di Institut PalComTech.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these