Resensi Buku Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D

Resensi Buku Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D

Resensi Buku Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D

Judul Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D / Sugiyono
Judul Asli  
Pengarang Sugiyono (pengarang)
Edisi Cetakan Ke-3, 2021
Penerbitan Bandung: Alfabeta, 2021
Deskripsi Fisik xix, 444 halaman : ilustrasi ; 24 cm
Jenis Isi teks
Jenis Media tanpa perantara
Jenis Wadah volume
ISBN 978-602-289-533-6
Subjek Penelitian, Metode

 

Buku ini memuat antara lain:

  1. Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif saat ini sudah dapat digabungkan penggunaannya dalam penelitian, sehingga metode tersebut dinamakan metode kombinasi atau mixed methods.
  2. Teknik perhitungan untuk menentukan jumlah anggota sampel dilakukan dengan memperhatikan sampling error dan confidence level; ada teknik perhitungan jumlah anggota sampel dari populasi yang tidak diketahui jumlahnya dan ada yang diketahui jumlahnya.
  3. Dalam penelitian dan pengembangan, dikemukakan bermacam-macam desain dan level dalam penelitian dan pengembangan.

Berdasarkan data sampel, menguji teori yang sudah ada, menguji pemikiran baru dan menguji produk yang sudah ada atau produk baru hasil pengembangan atau penciptaan. Metode penelitian kualitatif yang berlandaskan pada filsafat enterpretif cocok digunakan untuk penelitian yang berlandaskan pada filsafat menemukan sesuatu yang baru, memahami makna dari suatu peristiwa, memastikan kebenaran data, mengkategorikan data, mengkonstruksikan fenomena, dan menemujan hipotesis.

Metode penelitian kuantitatif, dan kualitatif tidak perlu dipertentangkan, karena justru saling melengkapi. Penelitian yang menggunakan metode kombinasi akan menghasilkan data yang lebih sempurna. Membaca buku tentang metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan penelitian & pengembangan (R&D) memiliki banyak manfaat, terutama bagi mahasiswa, peneliti, profesional, dan siapa pun yang terlibat dalam proses penelitian.Ketika Anda membaca buku-buku tentang metode penelitian, penting untuk memahami bahwa setiap buku memiliki fokus yang berbeda tergantung pada disiplin dan metodenya. Pilih buku yang paling sesuai dengan kebutuhan penelitian Anda dan jangan ragu untuk mencari panduan tambahan jika Anda memiliki pertanyaan khusus atau perlu mendalam pada topik tertentu.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these