Python: Memahami, Menginstal, dan Membuat Program Pertama

Python adalah bahasa pemrograman yang populer dan sangat serbaguna yang digunakan oleh ribuan pengembang di seluruh dunia. Dalam artikel ini, kita akan membahas Python secara umum, bagaimana menginstalnya, dan langkah-langkah untuk membuat program Python pertama Anda.

 Apa itu Python?

Python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dikembangkan oleh Guido van Rossum dan pertama kali dirilis pada tahun 1991. Python memiliki sintaks yang sederhana dan mudah dipahami, menjadikannya salah satu bahasa pemrograman yang ideal untuk pemula. Python sangat populer dalam berbagai bidang, termasuk pengembangan web, analisis data, kecerdasan buatan, pengembangan game, dan banyak lagi.

Keunggulan Python termasuk:

1. Mudah dipahami: Python memiliki sintaks yang intuitif dan mudah dipahami, membuatnya cocok untuk pemula.

2. Beragam pustaka: Python memiliki berbagai pustaka standar yang memungkinkan Anda melakukan berbagai tugas tanpa perlu menulis kode dari awal.

3. Komunitas yang besar: Python memiliki komunitas pengembang yang aktif dan mendukung, sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan sumber daya dan bantuan.

4. Cross-platform: Python dapat digunakan di berbagai platform, termasuk Windows, macOS, dan Linux.

### Instalasi Python

Langkah pertama untuk memulai dengan Python adalah menginstalnya. Berikut adalah panduan singkat untuk menginstal Python di komputer Anda:

1. Unduh Python: Buka situs web resmi Python di [python.org](https://www.python.org/downloads/) dan unduh versi terbaru dari Python sesuai dengan sistem operasi Anda (Windows, macOS, atau Linux).

2. Instalasi Python: Jalankan file instalasi yang telah Anda unduh dan ikuti langkah-langkah instalasi yang ditampilkan. Pastikan Anda memilih opsi “Add Python to PATH” selama instalasi. Ini akan memungkinkan Anda mengakses Python dari baris perintah dengan mudah.

3. Verifikasi Instalasi: Setelah instalasi selesai, buka terminal atau command prompt (di Windows) dan ketik perintah berikut untuk memeriksa apakah Python telah terinstal dengan benar:

python –version

Anda akan melihat versi Python yang terinstal.

Membuat Program Python Pertama

Sekarang kita akan membuat program Python sederhana untuk mencetak pesan sederhana ke layar. Ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka teks editor atau IDE favorit Anda. Anda dapat menggunakan editor teks sederhana seperti Notepad (di Windows) atau teks editor yang lebih canggih seperti Visual Studio Code.

2. Buat berkas baru dan simpan dengan ekstensi `.py`, misalnya `hello.py`.

3. Ketik kode berikut ke dalam berkas Anda:

print(“Halo, dunia!”)

4. Simpan perubahan Anda.

5. Buka terminal atau command prompt, arahkan ke direktori di mana Anda menyimpan berkas `hello.py`, dan jalankan program dengan perintah berikut:

hello.py

Anda akan melihat output “Halo, dunia!” dicetak ke layar.

Ini adalah langkah awal yang bagus untuk memahami Python. Anda sekarang memiliki Python diinstal di komputer Anda dan telah berhasil menjalankan program Python pertama Anda.

Dari sini, Anda dapat menjelajahi lebih banyak tentang Python, mempelajari sintaks, memahami konsep dasar pemrograman, dan mengembangkan keterampilan pemrograman Anda. Python adalah alat yang sangat kuat dan serbaguna yang dapat digunakan dalam berbagai proyek dan aplikasi. Selamat belajar!

Anda bisa mendownload aplikasi phyton dengan link berikut


Pertama dan satu-satunya KULIAH BEBAS PR di kampus yang paling VIRAL di Kota Palembang  Sangat Cocok buat kamu yang baru tamat sekolah dan pengenkampus yang fun, Anti Stress dan kekinian!!

Kuliah ASIK , Bebas PR !!!!

Daftar sekarang!

📲 0812-7178-8080

Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech
Jl. Jendral Basuki Rahmat No. 05, Palembang, Sumatera Selatan
Buat kalian yang masih mager untuk daftar langsung  cukup klik  tombol di bawah ini ya…

Daftar Kuliah

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these