Resensi Buku Dasar Sistem Komunikasi Menggunakan Matlab

Deskripsi :
Kategori(Sub): Komputer (Pemrograman)
ISBN: 978-979-29-7170-5
Penulis: Rismon Hasiholan Sianipar
Ukuran⁄Halaman: 19×21 cm² ⁄ x+410 halaman
Edisi⁄Cetakan: I, 1st Published
Tahun Terbit: 2019
Penerbit : Andi
 

Tujuan buku ini adalah sebagai pendamping atau suplemen dari setiap buku teks sistem komunikasi. Buku ini menyediakan sejumlah latihan yang dapat diselesaikan dengan MATLAB. Buku ini tidak hanya dapat digunakan oleh mahasiswa S-1 dan S-2, tetapi juga oleh para insinyur yang ingin belajar aplikasi-aplikasi MATLAB untuk sistem komunikasi.

Bab 1: Sinyal dan Sistem Linier. Pada bab ini, Anda akan mempelajari beberapa perangkat dan teknik dasar dari analisis sistem linier yang digunakan pada analisis sistem komunikasi. Sistem linier dan karakteristiknya digunakan pada domain waktu dan domain frekuensi sehingga probabilitas dan analisis sinyal acak yang merupakan dua topik fundamental, harus dipahami ketika mempelajari sistem komunikasi. Hampir semua kanal dan banyak subblok pemancar dan penerima dapat dimodelkan sebagai sistem LTI (Linear Time Invariant) sehingga perangkat dan teknik dari analisis sistem linier dapat digunakan untuk menganalisisnya.

Bab 2: Proses Acak. Anda akan belajar metode untuk membangkitkan variabel-variabel acak dan cuplik-cuplik dari proses acak. Anda akan memulainya dengan mempelajari deskripsi metode untuk membangkitkan variabel-variabel acak dengan fungsi distribusi probabilitas tertentu. Selanjutnya, Anda akan mempelajari proses Gaussian dan proses Gauss Markov serta mengenal metode untuk menghasilkan cuplik-cuplik dari kedua proses itu. Topik ketiga yang akan Anda pelajari adalah karakterisasi sebuah proses acak stasioner menggunakan korelasi dirinya pada domain waktu dan menggunakan spektrum dayanya pada domain frekuensi.

Bab 3: Modulasi. Anda akan mempelajari kinerja dari sejumlah skema modulasi dengan kehadiran dan absensi dari derau aditif. Sistem-sistem yang dipelajari pada bab ini mencakup skema-skema modulasi amplitudo (AM), seperti DSB-AM, SSB-AM, dan AM konvensional, serta skema-skema modulasi sudut, seperti modulasi bahwa informasi digital lebih mudah diproses, dikomunikasikan dan disimpan.

Pertama-tama, buku ini memberikan gambaran mendalam tentang teori dasar sistem komunikasi, mencakup topik seperti modulasi, demodulasi, dan saluran transmisi. Penulis dengan jelas menjelaskan konsep-konsep ini dengan ilustrasi dan contoh, membuatnya mudah dipahami oleh pembaca yang mungkin baru mengenal subjek ini.

Salah satu keunggulan buku ini adalah fokus pada implementasi praktis menggunakan Matlab. Setiap konsep teoritis disertai dengan contoh simulasi menggunakan perangkat lunak ini, memungkinkan pembaca untuk mengaplikasikan pengetahuan mereka secara langsung. Hal ini tidak hanya membantu dalam memahami konsep secara lebih mendalam tetapi juga memberikan pembaca keterampilan praktis yang dapat diterapkan di dunia nyata. Secara keseluruhan, “Dasar Sistem Komunikasi Menggunakan Matlab” dapat dianggap sebagai sumber daya yang sangat baik untuk memahami dan menerapkan konsep-konsep sistem komunikasi dengan dukungan Matlab.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these