Resensi Buku Perilaku Dalam Organisasi

Kode Klasifikasi : 302.35 WIB p
Judul Buku : Perilaku Dalam Organisasi
Edisi : 3
Penulis : Prof. Dr. Wibowo
Penerbit : Rajawali Pers
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2019
ISBN : 978-602-425-174-1
Tajuk Subjek : Manajemen
Ukuran : 15,5 X 23 cm

 

Studi perilaku organisasi adalah bidang lintas disiplin yang bertujuan untuk memahami, menjelaskan, dan memperbaiki cara individu, kelompok, dan organisasi berinteraksi. Ini melibatkan kontribusi dari berbagai ilmu seperti psikologi, sosiologi, antropologi, politik, ekonomi, dan manajemen. Stephen P. Robbins, Timothy A. Judge, Jerald Greenberg, dan Robert A. Baron telah menggarisbawahi pentingnya pendekatan lintas disiplin ini. Menurut Joseph R. Folkman, ketika perilaku individu sesuai dengan tuntutan pekerjaan, kinerja organisasi dapat meningkat. Oleh karena itu, penempatan personel harus mempertimbangkan kesesuaian antara perilaku individu dan tugas pekerjaan untuk memberikan kontribusi yang optimal bagi organisasi.

Mempelajari perilaku dalam konteks organisasi membantu mengembangkan pemahaman yang luas tentang berbagai aspek pengetahuan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja individu, kelompok, dan organisasi secara keseluruhan. Buku “Perilaku dalam Organisasi” menjadi tambahan penting bagi kumpulan literatur sebelumnya seperti “Budaya Organisasi,” “Manajemen Kinerja,” dan “Manajemen Perubahan.” Buku ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa, dosen, dan praktisi dalam memahami dinamika organisasi.

Manfaat dari memahami perilaku individu dan kelompok di dalam organisasi seorang pemimpin dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi kinerja karyawan. Ini memungkinkan pengembangan strategi untuk meningkatkan produktivitas dan efektivitas kerja. Dengan memahami dan menerapkan prinsip-prinsip perilaku organisasi, organisasi dapat menciptakan lingkungan yang lebih produktif, kooperatif, dan inovatif, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kinerja dan mencapai tujuan mereka dengan lebih efektif.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang isi lengkap buku yang disebutkan di atas, silakan berkunjung ke perpustakaan untuk membacanya secara langsung.

About the Author

You may also like these