July 15, 2024

CorelDRAW X4 FLOWER CREATION (Menggambar Bunga)

2 min read
Dalam tutorial ini saya akan berbagi bagaimana menggambar bunga dengan menggunakan Aplikasi CorelDRAW X4, dari teknik yang digunakan nantinya anda dapat kembangkan lagi untuk menggambar objek lainnya, jadi, diikutin aja ya..

Dalam tutorial ini saya akan berbagi bagaimana menggambar bunga dengan menggunakan Aplikasi CorelDRAW X4, dari teknik yang digunakan nantinya anda dapat kembangkan lagi untuk menggambar objek lainnya, jadi, diikutin aja ya..

Langkah 1

Pertama siapkan kanvas dengan ukuran 15×20 cm, atur pada Property Bar seperti gambar di bawah ini.

Langkah 2

Selanjutnya mulailah menggambar dengan menggunakan Pen Tool, pilih Pen Tool pada ToolBox.

Langkah 3

Buat garis kurva dengan Pen Tool hingga membentuk objek seperti berikut

Langkah 4

Selanjutnya memberikan warna pada objek yang telah dibuat, klik kiri warna merah pada Pallete Color, maka objek akan berubah warna menjadi merah.

Langkah 5

Agar warna bunga lebih menarik kita bisa menambahkan warna dengan menggunakan Mesh Fill Tool (M), Klik Mesh Fill Tool (M) maka objek akan diberi garis-garis kotak .

Tampilan objek setelah di beri Mesh Fill

Langkah 6

Klik kiri salah satu garis kotak

Langkah7

Kemudian klik kiri salah satu warna di Pallete Color, sebagai contoh warna kuning.

maka warna kuning ini akan di padukan dengan warna merah pada objek. Oke..!menarik bukan. Untuk selanjutnya kalian dapat memberikan warna yang berbeda pada setiap garis kotak yakni dengan cara mengklik kiri salah satu kotak dan beri beri warna melalui Pallete Color, Pada tutorial ini saya gunakan 2 percampuran warna, yakni warna merah dan kuning hingga membentuk warna seperti gambar di bawah.

Langkah 8

Kemudian gambar diperbanyak dengan mengguanakan fasilitas Transformations, klik menu Arrange –Transformations-Rotate atau dengan cara menekan Alt+F8, maka akan tampil window Docker Transformations. Masukkan nilai seperti berikut Angle = 60, Klik titik bottom center pada pilihan Anchor point. Perhatikan gambar dibawah.

Langkah 9

Klik Apply To Duplicate beberapa kali untuk memutar dan menduplikat objek secara otomatis hingga membentuk seperti gambar dibawah

Langkah 10

Grup keenam objek menjadi satu dengan cara blok seluruh objek dengan Pick Tool, kemudian tekan Ctrl + G untuk menggrupnya.

Langkah 11

Setelah di Grup menjadi satu, perkecil objek agar sesuai dengan ukuran canvas, kemudian duplikat objek dengan Copy-Paste pada menu Edit, Kemudian perkecil objek dan atur posisinya seperti gambar di bawah.

Langkah 12

Langkah selanjutnya membuat tangkai bunga, klik Pen Tool, buat garis kurva seperti gambar dibawah.

Langkah 13

Untuk menebalkan garis kurva klik garis kurva dengan Pick Tool kemudian pada Property Bar perbesar nilai Outline Width menjadi 1,5 mm seperti gambar dibawah.

Langkah 14

Ubah warna tangkai bunga menjadi Hijau tua melalui Pallete Color.

Langkah 15

Pindahkan tangkai bunga di lapisan paling bawah dengan cara menekan Ctrl + PageDown.

Langkah 16

Selanjutnya kalian bisa menambahkan daun di bagian tangkai bunga dengan menggunakan Pen Tool, untuk langkah pembuatan daun hampir sama dengan langkah pembuatan bunga dimulai dari no 2 s/d 7.

Untuk hasilnya seperti gambar di bawah ini, ^_^ selamat mencoba ya…!!

0 thoughts on “CorelDRAW X4 FLOWER CREATION (Menggambar Bunga)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.