July 17, 2024

Mengenal Autodesk Maya Part 2

2 min read

Mengenal Macam-Macam Lighting (pencahayaan) di MAYA

Di Autodesk Maya, dikenal bebrapa macam Lighting (pencahayaan) untuk menerangi sebuah objek.

1. No Lighting

Objek tidak menggunakan jenis pencahayaan khusus, pada saat me-render, MAYA akan mempergunakan cahaya default, dengan perhitungan warna yang biasa saja.

Contoh :

Pada saat menggunakan No Lighting (tanpa pencahayaan) sebaiknya gunakan Mental Ray pada kotak Render Setting.

Dengan Mental Ray perhitungan warna cahaya akan lebih tinggi (baik) dibandingkan dengan menggunakan settingan render untuk Maya Software.

2. Ambient Light

Adalah sebuah pencahayaan untuk mendapatkan cahaya yang hampir rata untuk semua permukaan objek. Kalo di kehidupan kita sehari-hari, Ambient Light diibaratkan sebuah matahari. Semua cahaya di sebarkan ke semua objek dan ruangan sekitar objek.

Contoh :

Pada gambar di atas, kita dapat lihat bahwa cahaya hampir merata di semua permukaan objek, terus kenapa harus menggunakan Ambient Light kalau hasilnya tidak jauh berbeda dengan No Lighting?

Jawabannya, kalau kita menggunakan Lighting, kita dapat mengatur bayangan (shadow) objek. Dengan mengaktifkan Ray Trace Shadow-nya.

Contoh perbandingan sebelum dan sesudah menggunakan bayangan:

3. Directional Light

Adalah sebuah pencahayaan untuk mendapatkan cahaya yang searah saja. Permukaan yang mendapatkan cahaya akan lebih terang dibandingkan dengan permukaan yang berlawanan arahnya cahaya, juga termasuk objek disekitarnya.

NB : Arah Lighting berpengaruh tetapi, jarak Lighting tidak berpengaruh terhadap bayangan.

Contoh :

image

4. Point Light

Adalah sebuah pencahayaan yang akan berpengaruh pada permukaan objek dan jarak cahaya. Apabila kita aktifkan Ray Trace-nya, maka hasil bayangan akan lebih besar apabila Lighting kita dekatkan ke permukaan objek dan sebaliknya bayangan akan kecil apabila kita jauhkan dari objek.

NB : Arah Lighting tidak berpengaruh tetapi, jarak Lighting berpengaruh terhadap bayangan.

Contoh perbandingan jarak Point Light dengan objek:

5. Spot Light

Adalah sebuah pencahayaan yang akan mengeluarkan cahaya seperti lampu sorot, sebagai contoh sehari-hari dapat kita ibaratkan sebuah Lampu Senter. Bayangan yang dihasilkan adalah hasil dari jarak cahaya ke objek dan arah cahaya. Artinya kedua hal tersebut sangat berpengaruh.

Contoh :

6. Area Light

Adalah sebuah pencahayaan yang mendatar terbentuk dari sebuah persegi empat. Hampir sama dengan Point Light, hanya saja cahaya yang dibentuk Area Light tidak menghasilkan shadow (bayangan).

0 thoughts on “Mengenal Autodesk Maya Part 2

  1. bagus pak turorialnya, tolong dong yang akan datang dengan langkah-langkah penggunaannya. hehehehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.