July 21, 2024

Memberi Efek Hujan pada Photo dengan Adobe Photoshop

2 min read

Tutorial ini mengajak kamu untuk bermain dengan efek hujan. Efek ini membuat foto kamu seolah-olah sedang berada di tengah hujan. Ikutin langkah-langkah berikut yuk.

Sebelum

Sesudah

Langkah 1

Pertama buka gambar yang akan diberikan efek. Kalian bisa menggunakan foto kalian sendiri atau menggunakan foto diatas. Setelah itu copy layer dengan cara tekan CTRL+J pada keyboard.

Langkah 2

Reset Foreground dengan warna hitam dan Background warna putih atau dengan menekan (D) pada keyboard.

Langkah 3

Sekarang tambahkan ruang pada canvas dengan menggunakan crop tool. Setelah memilih crop tool, maka buat gambar menjadi full screen terlebih dahulu dengan menekan F pada keyboard. Drag pada bagian luar sebelah atas kiri gambar sampai pada sebelah kanan bawah luar gambar. Setelah mouse dilepas maka kita akan melihat kotak diseluruh bagian gambar. Tahan alt dan drag bagian kotak kecil disekitar gambar sampai menemukan hasil seperti contoh dibawah.

Langkah 4

Buat layer baru diatas layer 2 klik create a new layer. Atau (Shift+Ctrl+N) pada keyboard.

Langkah 5

Setelah mendapatkan hasil seperti diatas maka tekan Alt+Backspace (ubah warna background menjadi warna hitam dan foreground menjadi warna putih) dan kita akan mendapati gambar kita seluruhnya tertutup warna hitam. Hilangkan icon kecil yang menyerupai mata pada bagian kiri layer 1 dan background untuk membuatnya tak terlihat.

Langkah 6

Setelah menghilangkan visibilitas layer 1 dan background maka sekarang pilih Filter > Noise > Add Noise. Setelah muncul kotak add noise filter dialog box, maka pada Amount isi dengan 150%, dan pastikan option Monochromatic sudah di centang.

Langkah 7

Setelah melakukan langkah diatas maka pilih Filter > Blur > Gaussian Blur dan pada radius isi dengan 0,5.

Langkah 8

Masih pad alayer 2, klik create new fill or adjusmnet layer lalu pilih level. Setelah muncul kotak dialog, maka drag cursor hitam ke kanan dan drag cursor putih ke kiri seperti gambar di bawah ini.

Langkah 9

Langkah selanjutnya adalah pilih layer 2 pada layer palette.

Setelah itu pilih Filter>Blur>Motion Blur. Setelah muncul Dialog Box, set angle untuk merubah arah hujan yang diinginkan. Pada tutorial ini, saya set angle pada 60º dan 7 pixels pada Distance. Untuk ukuran distance mungkin kalian harus sedikit ber-exsperimen berdasarkan ukuran gambarmu.

Langkah 10

Setelah melakukan langkah diatas maka mungkin efek noise akan hilang. Untuk mengembalikannya maka double klik pada thumbnail adjustment pada layer.

kita akan mendapatkan hasil seperti ini.

Langkah 11

Sekarang kita tinggal tinggal membuang ruang extra yang sudah kita tambahkan sebelumnnya. Caranya klik kiri pada thumbnail untuk layer 1 dengan menahan ctrl pada keyboard. Tapi jangan lupa sebelumnya buat layer 1 menjadi visible lagi, yaitu dengan menampilkan lagi gambar mata pada bagian kiri thumnail.

Langkah 12

Setelah muncul seperti gambar diatas, maka pilih Image>crop. Kita akan mendapati ukuran gambar akan kembali seperti ukuran original gambar kita pada awal kita membukanya. Maka setelah itu tekan CTRL+D.

Langkah 13

Pilih layer 2 pada layer palette, ubah blending mode dari “normal” menjadi “screen” .

Langkah 14

Setelah itu maka hasilnya akan terlihat bahwa gambar diatas berubah seperti diambil pada saat hujan. Lalu group semua layer dengan klik Layer > Flatten Image.

Hasil akhir Project

Selamat mencoba ^^

0 thoughts on “Memberi Efek Hujan pada Photo dengan Adobe Photoshop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.