July 24, 2024

Mengenal Linux (Bagian 1)

3 min read

Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, sebelum penulis menjelaskan bagaimana cara instalasi ubuntu 9.10 maka penulis memberikan pengantar singkat tentang sejarah linux, distro-distro linux, sejarah distro ubuntu, persiapan hardware dan software sebelum instlalasi ubuntu 9.10, proses burning, dan terakhir proses instalasi ubuntu 9.10 di komputer.

Sejarah Linux

Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.

Nama “Linux” berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux. Selengkapnya baca disini.

Distro-Distro Linux (Distribusi Linux)

Terdapat banyak distribusi Linux (lebih dikenali sebagai distro) yang dibuat oleh individu, grup, atau lembaga lain. Masing-masing disertakan dengan program sistem dan program aplikasi tambahan, di samping menyertakan suatu program yang memasang keseluruhan sistem di komputer (installer program). Inti di setiap distribusi Linux adalah kernel, koleksi program dari proyek GNU (atau proyek lain), cangkang (shell), dan aturcara utilitas seperti pustaka (libraries), kompilator, dan penyunting (editor). Kebanyakan sistem juga menyertakan aturcara dan utilitas yang bukan-GNU. Bagaimanapun, utilitas tersebut dapat dipisahkan dan sistem ala UNIX masih tersedia. Beberapa contoh adalah aturcara dan utiliti dari BSD dan sistem grafik-X (X-Window System). X menyediakan antarmuka grafis (GUI) yang umum untuk Linux.

Contoh-contoh distribusi Linux : Ubuntu, SuSE, Fedora, Mandriva, Slackware, Debian, PCLinuxOS, Knoppix, Xandros, Sabayon, CentOS, Red Hat, dan sebagainya. Selengkapnya bisa dilihat disini.

Sejarah Distro Ubuntu

“Ubuntu” berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti “rasa perikemanusian terhadap sesama manusia”. Ubuntu juga bisa berarti “aku adalah aku karena keberadaan kita semua”. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional. Selengkapnya baca disini.

Persiapan Instalasi Ubuntu 9.10

Hardware
Spesifikasi minimal hardware instalasi ubuntu 9.10 untuk dekstop atau laptop:

  1. Prosesor 1GHz x86
  2. Memori 1 Gb
  3. Harddisk dengan ruang kosong 15 Gb (bisa dibuat 2 partisi, 5 Gb untuk / dan 10 Gb untuk home).
  4. Kartu Grafis dengan resolusi layar 1024 x 768
  5. Drive CD/DVD (lihat disini)

Adapun spesifikasi hardware yang penulis gunakan untuk instalasi ini yaitu :

  1. Prosesor 2.50 GHz
  2. Memori 2 Gb
  3. Harddisk 160 Gb (40000 Gb untuk “/”, 116000 Gb untuk “/home”, 4000 Mb untuk “swap”)
  4. DVD RW 24x
  5. Kartu Grafis onboard dgn resolusi 1360 x 768

Software
Selain hardware yang dibutuhkan untuk mencicipi distro ubuntu ini maka kita perlu juga software. Disini software yang kita butuhkan yaitu ISO ubuntu 9.10 yang bisa kita download, seperti gambar dibawah ini.

Proses Burning

Setelah kita download ISO Ubuntu 9.10 maka proses selanjutnya kita perlu menyiapkan disk CD/DVD kosong, drive CD/DVD RW dan software aplikasi untuk burning ke CD/DVD, dimana penulis dalam hal ini menggunakan CD-R dengan kapasitas 700 MB/80MIN, drive DVD RW. 22x dan untuk burning yaitu software aplikasi Brasero Disc Burner yang sudah terinstal default di sistem operasi (ubuntu 9.04) yang ada dikomputer penulis sekarang ini.

Langkah 1
Klik Menu Application – Sound and Video – Brasero Disc Burner.

Langkah 2

Pilih Burn Image.

Langkah 3

Pilih click here to select an image

Langkah 4

Pilih file ISO yang kita download tadi (Ubuntu-9.10-dekstop-i386.iso), lalu klik Open

Langkah 5

Pilih Burn, tunggu proses yang berlangsung lebih kurang 6 menitan sampai disk di drive CD/DVD kita keluar sendiri lalu pilih Close.

07

0 thoughts on “Mengenal Linux (Bagian 1)

    1. :sundulgans
      :sundulgans :sundulgans
      :sundulgans :sundulgans :sundulgans
      :sundulgans :sundulgans :sundulgans :sundulgans
      :sundulgans :sundulgans
      :sundulgans :sundulgans
      :sundulgans :sundulgans
      :sundulgans :sundulgans

      bew… dewonyo slackware ..

  1. @Pak Molavi : ma kasih pak…sapa dulu gurunya pak molavi gitu….^-^

    @Mbah dukun mamase efri: siapke kopi be n kwani klu nyuruh nulis terus……^-^

    @cipto : ma kasih …sma2….smoga bermanfaat tuk kita semua…..lanjut tuh baca yg lanjutannya…^-^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.