July 17, 2024

Berkaroke di Winamp dengan Menggunakan Mini Lyrics

2 min read

Kegiatan “sampingan” yang paling sering orang lakukan pada waktu mengoperasikan komputer adalah mendengarkan musik. Dari sekian banyak aplikasi untuk mendengarkan musik di komputer, Winamp merupakan salah satu program favorit.

Adakalanya pada waktu kita sedang mendengarkan musik dengan aplikasi winamp, kita juga ikut mendendangkan lagu yang kita dengar tadi. Akan lebih menarik jika pada waktu kita mendengarkan lagu-lagu favorit kita, dilayar monitor muncul lirik sesuai dengan lagu tersebut. Sehingga kita bisa ber-“karoke dadakan” di depan layar monitor.

Saat ini ada beberapa aplikasi yang memungkin untuk hal tersebut, salah satu aplikasi yang bisa kita gunakan adalah MiniLyrics. MiniLyric merupakan aplikasi plug-in atau tambahan yang bisa dijalankan dengan aplikasi multimedia lain seperti Winamp, Windows Media Player, iTunes, QCD Player, dll.

Agar bisa menampilkan lirik lagu yang sedang di play di winamp kita, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan.

Langkah 1

Master Winamp yang sudah terinstall di komputer kita. Sebenarnya MiniLyric bisa juga dijalankan di aplikasi multimedia lain seperti Windows Media Player, iTunes, QCD Player, dll. Tetapi menurut Saya Winamp lebih compatible dalam menjalankan MiniLyrics.

Langkah 2

Master MiniLyrics yang bisa diunduh disini.

Langkah 3

Database lirik lagu. Untuk lirik lagu yang dibutuhkan secara umum cara mendapatkannya ada dua. Pertama dengan cara mendownload di internet dan yang kedua dibuat sendiri. Saya menyarankan agar komputer terhubung dengan internet agar lirik yang dibutuhkan bisa langsung di download ke dalam datebase MiniLyrics.

Langkah 4

Setelah selesai mengunduh master MiniLyrics, install aplikasi tersebut ke dalam komputer. (Pastikan pada waktu melakukan proses installasi, aplikasi winamp tidak dalam keadaan dibuka).

Langkah 5

Setelah MiniLyrics terinstall ke dalam komputer, maka secara otomatis MiniLyrics akan menjadi plug-in atau fitur tambahan di aplikasi Winamp. Jalankan program Winamp maka aplikasi MiniLyrics secara otomatis juga akan ikut terbuka.

Langkah 6

Kilk saja tombol Close. Maka akan muncul kotak MiniLyric yang akan menampilkan lirik lagu sesuai dengan lagu yang di play di Winamp.

Langkah 7

Jika kita terhubung dengan internet, pada waktu kita memutar lagu di winamp maka secara otomatis MiniLyrics akan mecari lirik dari lagu tersebut dan akan menampilkan di dalam box MiniLyrics.

Langkah 8

Jika lirik tidak muncul, maka kita bisa mendownloadnya secara manual dari MiniLyrics dengan cara mengklik tombol Search Lyrics yang ada di kanan atas dari Box MiniLyrics.

Langkah 9

Pada waktu mencari lirik lagu di internet pastikan nama penyanyi dan judul lagunya ditulis dengan benar.

Langkah 10

Jika lirik yang dicari ada di internet, maka lirik tersebut akan muncul seperti tampilan di atas. Tinggal Klik tombol Download Maka lagu yang sedang kita play akan muncul lirik lagunya.

Selamat Berkaroke di Winamp… ^-^b.

0 thoughts on “Berkaroke di Winamp dengan Menggunakan Mini Lyrics

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.