July 24, 2024

Special Effects dengan Adobe Photoshop CS5

2 min read

Dalam tutorial kali ini saya akan mencoba membuat Special Effects dengan menggunakan Adobe Photoshop CS5, tools yang digunakan untuk pembuatan effect ini Brush Tool (B) dan Smudge Tool, dalam tutorial ini saya hanya menjelaskan pembuatan effectnya saja, dari tutorial ini yang penting teman-teman bisa kembangkan lagi untuk pembuatan effect-effect yang lebih menarik lagi, untuk contoh dibawah ini gambar-gambar yang telah saya buat dengan teknik Special Effects.

Untuk inspirasi saja, siapa tau teman-teman tertarik dengan teknik ini, oke langsung saja ketutorialnya..

Langkah 1

Buka gambar untuk bakgroundnya, disini saya menggunakan sebuah text 3D, ya teman-teman bisa membuatnya dari aplikasi 3D pastinya seperti 3Ds max, Maya, dll, atau bisa juga menggunakan foto kita sendiri, agar effect lebih menarik pastikan menggunakan gambar dengan latar belakang hitam.

Langkah 2

Selanjutnya klik Foreground Color, untuk warna effect selera teman-teman deh, disini saya menggunakan warna hijau, jangan lupa klik Only Web Color, disini saya menggunakan 5 warna, dimulai dari warna hijau gelap sampai dengan warna putih, lihat gambar dibawah ini.

Langkah 3

Setelah memilih warna hijau 1, pilih Brush Tool (B), pada bagian Option Tool atur Size 125, dan hardness 0.

Langkah 4

Untuk pengaturan Size Brush dan warna yang digunakan sebagi berikut :

Warna 1 : Size Brush 125, Hardness 0

Warna 2 : Size Brush 100, Hardness 0

Warna 3 : Size Brush 90, Hardness 0

Warna 4 : Size Brush 70, Hardness 0

Warna 5 : Size Brush 50, Hardness 0

Untuk memperkecil Size Brush gunakan ShortCut “ [“,jangan lupa buat Layer Baru,kemudian brushkan sesuai urutan, hasilnya seperti gambar dibawah ini,

Langkah 5

Selanjutnya pilih Smudge Tool, pada bagian Property Tool atur Strength 81%, semakin besar nilai Strength semakin panjang efek tarikan yang dihasil kan Smudge Tool, teman-teman bisa bisa menggunakan nilai paling kecil 45% untuk tarikan yang kecil dan 81% untuk tarikan yang besar, jangan lupa untuk mengatur Size Brush Smudge Tool karena besar kecil ukuran brush juga berpengaruh pada efek tarikan, coba deh di brush menggunakan Smudge Tool hingga menghasilkan bentuk yang menarik, seperti gambar dibawah ini.

Hasil setelah di Smudge Tool.

Tarik dengan smudge tool dari posisi 1 ke posisi 2.

Langkah 6

Sekarang teman-teman bisa menambahkan lagi efek dengan warna yang berbeda di posisi yang berbeda pula, caranya ulangi dari langkah 2 s/d 5, sepert gambar dibawah ini saya buat dengan warna yang berbeda.

Langkah 7

Sekarang menambahkan EfekBrush agar efek lebih menarik. Klik Brush Tool (B), untuk menampilakan pengaturan Brush Tool yang lebih lengkap klik menu Window – Brush (F5) atau dengan cara mengklik icon Toggle The Brush Panel di Pallete Layer (adobe phoshop CS5), kemudian pada pilihan Brush Tip Shape, Shape Dynamics dan Scattering setting seperti gambar dibawah ini.

Gambar pengaturan Brush Tip Shape

Gambar pengaturan Shape Dynamics

Gambar pengaturan Scattering

Langkah 8

Selanjutnya ubah warna Foreground menjadi hijau.

Langkah 9

Dengan menggunakan Brush yang telah kita setting tadi brushkan seperti gambar di bawah ini, jangan lupa sesuaikan warna brush dengan warna efect.

Oke selesai. Itu untuk pembuatan efeknya, untuk pengeditan selanjutnya bisa teman-teman edit sesui selera.

Hasil Akhir

Terima kasih, mudah-mudahan bermanfaat, mohon maaf jika ada kesalahan kata-kata dalam penulisan tutorial ini.

Selamat berkarya.

0 thoughts on “Special Effects dengan Adobe Photoshop CS5

  1. keren ndie…

    cuman, pas hasil akhir dak di kasih tau yang efek asap / kabut di tulisan nya…

    kayak judul film tentang alien alien cak itu na…

    keren abis

  2. makasi pak raise, iya pak sebenernya kemaren sekalian mau di buat langkah2 untuk buat asap/kabut2nya, cuma takut kepanjangan tutornya hehehe, jadi mungkin untuk kabutnya dibahas ditutor berikutnya..

  3. Kak..yang saya tanyakan..

    aku kok gak bisa make langkah nomer 7..
    teknik Brush..aku gunakan cs 2..
    jadi aku buat manual saja untuk brushnya..

    oya untuk kabut..itu gunakan brush apa kak?

    nah ini hasilnya aku bikin dari tutorial kakak..

    http://img265.imageshack.us/img265/6200/tiga.jpg

    Oya kasih tahu juga kak..tutorial bikin tulisan yang keren..

    jadi modelnya bukan hanya orang..tapi kalo bisa nama kita juga mao di desain..

    thanks sebelumnya..maaf kalo aku banyak pintaan..hehe>

    baru belajar nei kak…

  4. Wah, ni andi yg pernah pelatihan flash di plb bukan, flashnya sdh smp mn? animasi yg ente buat bgs, sy yg jd instruktur wkt itu :thumbup:

  5. pak adhy : iya pak adhy ni andi yang ikut flash dulu.. maaf commentya lagi dibales hehehe makasih pak ilmu flashnya. masih dalam pengembangan

    Helen : ok makasih ya

    mbak fitri : hahaha mbak fitri kan juga yang ikut flash dulu..

    Fauzan : terima kasih mas fauzan

    Sinyobanderas45 : ok nanti dicoba buat dulu tutorialnya ditunggu aja yah hihi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.