July 24, 2024

Trik Seputar Pencetakan Dokumen

2 min read

Pernahkah kalian binggung sewaktu mau mencetak dokumen? Misalnya dari kualitas cetakannya, pengen cetak dengan format majalah, sampai mencetak beberapa halaman dalam satu lembar kertas. Pernah? Berikut ini saya mau bagikan tips buat kamu dalam hal pencetakan dokumen. Semoga tips ini bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan.

Mengganti Kualitas Cetakan pada Dokumen secara Default

Biasanya mesin cetak atau printer secara default akan mencetak dokumen dengan kualitas normal. Apabila dokumen yang dicetak tidak terlalu penting, misalnya hanya sebagai contoh atau membuat dummy saja, sebaiknya kamu menurunkan kualitas pencetakan menjadi draft untuk menghemat tinta. Apalagi harga tinta sekarang udah makin mahal kan.

Cara melakukan setting pencetakan dengan kualitas draft secara default adalah :

Langkah 1

Klik Microsoft Office Button > word options

Langkah 2

Pada kotak dialog word options, pilih kategori Advanced. Pada bagian bawah Print, beri ceklis / centang pada kotak Use draft quality.

Langkah 3

Setelah itu di centang lalu klik OK. Maka kamu sudah bisa menghemat kualitas tinta printer kamu.

Mencetak Kedua Sisi Kertas secara Manual

Selain itu, kamu juga dapat mencetak kedua sisi lembar kertas secara manual dengan printer yang kamu punya. Berikut adalah cara mencetak kedua sisi kertas secara manual :

Langkah 1

Klik microsoft office button > print

Langkah 2

Maka akan muncul kotak dialog print yang muncul. Pada bagian print, ubahlah opsinya menjadi odd pages.

Langkah 3

Kemudian klik OK untuk mencetak halaman-halaman ganjil saja (odd pages). Setelah halaman ganjil selesi dicetak, masukkan kembali kertas halaman ganjil tersebut ke dalam printer.

Langkah 4

Lakukan pencetakan lagi, kali ini dengan mengganti bagian print menjadi even pages.

Langkah 5

Setelah itu klik Ok untuk mencetak halaman genap. Maka kamu sudah bisa cetak dokumen kamu.

Mencetak Dua Halaman Dalam Satu Lembar

Mencetak dokumen dengan posisi bersebelahan (kanan dan kiri), bisa kamu lakukan tanpa menggunakan fitur kolom seperti yang banyak dilakukan orang. Kamu cukup melakukan pengaturan pada page setup saja, dengan cara sebagai berikut :

Langkah 1

Bukalah dokumen yang akan dicetak. Lalu, aktifkan ribbon page layout.

Langkah 2

Klik tanda anak panah di sudut kanan bawah pada grup page setup.

Langkah 3

Pada kotak dialog yang muncul, pilih tab margin.

Langkah 4

Kemudian ubahlah bagian orientation menjadi landscape, dan pada bagian multiple page ubahlah menjadi 2 pages per sheet. Setelah itu klik OK, dan cetaklah dokumen tersebut.

Mengganti Jenis Printer Secara Default

Komputer kamu mungkin sudah banyak terinstal banyak merk/jenis printer. Namun, jenis printer yang sering kamu pakai tidak muncul secara default. Sehingga, setiap kali akan memakainya kamu harus menggantinya terlebih dahulu. Berikut adalah cara mengganti jenis printer secara default :

Langkah 1

Klik tombol start > control panel. Pilih device and printer, pada kotak dilog yang muncul, pilih printer.

Langkah 2

Selanjutnya, pada kotak dialog yang muncul, klik kanan mouse pada salah satu jenis printer yang dijadikan settingan secara default.

Langkah 3

Pada menu yang muncul, pilih set as default printer. Printer yang aktif (default) akan ditandai dengan tanda centang berwarna hijau.

0 thoughts on “Trik Seputar Pencetakan Dokumen

  1. maaf saya kesulitan dalam mencetak dua halaman dalam satu lembar kalo ada gambarnya kok yang halaman satu nya gambarnya gak kelihatan…gimana caranya…mohon petunjuknya saya pake wod 2007

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.