July 15, 2024

Auto Blend CS3

2 min read

Tutorial kali ini akan mencoba untuk membahas bagaimana caranya untuk menggabungkan beberapa gambar tanpa terlihat garis (list) pinggir gambarnya. Teknik ini biasa disebut dalam bahasa desainnya dengan nge-blend atau nge-blur. Hal ini bisa dilakukan sebaiknya dengan program aplikasi desain Adobe Photoshop CS3 karena telah disediakan tool untuk nge-blendnya.

Tool nge-blend yang ada di dalam Adobe Photoshop CS3 tersebut yakni ‘Auto Blend Layer’. Sebelum kita bahas mengenai langkah-langkahnya, terlebih dahulu akan dijelaskan kembali tentang definisi program Adobe Photoshop itu sendiri apa. Program Adobe Photoshop adalah sebuah software pengolah grafis (tampilan teks maupun gambar) yang powerfull, dengan software Photoshop Anda dapat membuat alat promosi berupa brosur, flyer, poster, banner, mendesain sebuah website, merancang menu interaktif, memanipulasi foto, dan mewarnai gambar (http://mufti-rada-go.blogspot.com/, 2009).

Untuk mendesain visual-visual yang menarik pada website sebenarnya masih banyak sofware pengolah grafis lainnya seperti Firework, Painshop Pro, Corel Photopaint, Gimp (untuk linux) tetapi lebih baik menggunakan software yang mempunyai fasilitas-fasilitas optimalisasi gambar untuk web seperti fungsi save for web pada photoshop.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggabungkan beberapa gambar tanpa terlihat garis (list) pinggir gambarnya alias nge-blend.

Langkah 1

Buka layer desain untuk ukuran disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya dengan menggunakan ukuran 550 px x 500 px seperti yang ditampilkan pada gambar di bawah ini.

Di bawah ini adalah hasil dari layer dengan ukuran seperti di atas.

Langkah 2

Tentukan gambar-gambar apa saja yang ingin digabungkan ke dalam satu file, kemudia buka semua gambar tersebut dengan tujuan agar dapat dipindahkan ke dalam layer yang telah di buat tadi yakni dengan ukuran 550 px x 500 px.


Langkah 3

Kemudian pindahkan gambar-gambar yang telah dibuka tersebut dengan menggunakan Move Tool (V).

Berikut adalah hasil setelah semua gambar yang ada dipindahkan ke dalam layer yang telah dibuat sebelumnya.

Tata letak tidak perlu diatur sedemikian rupa, boleh diatur menumpuk seperti contoh diatas.


Langkah 4

Blok semua gambar yang ada kecuali layer background.

Setelah itu klik Edit > pilih Auto Blend Layer, tunggu sesaat untuk prosesnya. Di bawah ini adalah hasilnya.

Semoga bermanfaat… ^__^

Maaf klo terlalu simple.. Maklum in learning process alias tahap pembelajaran nech…

Sumber:

http://mufti-rada-go.blogspot.com/2009/05/dasar-photoshop.html

0 thoughts on “Auto Blend CS3

  1. Memang bagus kl kita byk blajar hal2 br. Bid spt teknik dan pemrograman lbh dipengaruhi otak bag kiri sdgkan bid desain dan seni lbh ke otak kanan shg dapat mmaksimalkn kmampuan seluruh bag otak 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.