July 25, 2024

Membuat Tanggal Kadaluarsa pada File Excel menggunakan Macro

2 min read

Bukan hanya makanan saja yang memiliki tanggal kadaluarsa/expire, file dari Microsoft Excel 2007 pun juga bisa dibuat tanggal kadaluarsa. Jelasnya adalah kita bisa membatasi pembukan file yang telah kita buat untuk kurun waktu yang telah ditentukan. Jika lewat dari tanggal kadaluarsa, file Microsoft Excel 2007 tersebut otomatis tidak bisa dibuka lagi.

Apakah hal tersebut memungkinkan? Tanggal Kadaluarsa yang kita buat untuk File Microsoft Excel 2007 itu dapat dibuat menggunakan fasilitas Macro. Agar lebih jelas lagi, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah 1

Buatlah terlebih dahulu data yang akan dibuat pada Microsoft Excel 2007, kemudian Simpan file tersebut dan biarkan dalam keadaan file masih aktif, contoh nama file : Expire Date.xlsx. Untuk membuka jendela Macro, klik tab menu View > Macros > View Macros.

Langkah 2

Buat nama macro pada kotak Macro Names, Contoh : expire_date. Tentukan Macros in, dengan pilihan berikut ini :

a. Pilih All Open Workbooks, jika macro yang akan dibuat diterapkan pada seluruh file excel yang sedang terbuka.

b. Piih This Workbooks, jika macro yang akan dibuat hanya diterapkan pada file excel yang aktif saja.

c. Pilih Expire Date.xlsx (nama file yang sedang aktif atau terbuka), jika macro yang akan dibuat diterapkan pada file Expire Date saja.

Langkah 3

Klik tombol Create untuk masuk ke jendela Module di Microsoft Visual Basic, dan lengkapi scriptnya seperti dibawah ini :

Langkah 4

Kemudian compile listing tersebut dengan cara klik Debug > Compile VBAProject, dan tutup jendela Microsoft Visual Basic tersebut.

Langkah 5

Untuk menampilkan tombol / ikon macro yang sudah kita buat, klik Office Button > Excel Option > Customize, pilih Macros pada kotak pilihan Choose commands from. Klik expire_date pada kotak commands dan klik Add untuk memindahkan ke kotak Customize Quick Access Toolbar, terakhir klik tombol OK.

Maka ikon tersebut akan telihat pada baris Customize Quick Access Toolbar seperti gambar berikut :

Langkah 6

Jika ikon itu kita klik pada saat sebelum tanggal kadaluarsa, maka akan keluar kotak pesan seperti berikut ini :

Jika sudah lewat dari tanggal kadaluarsa, maka file tidak bias dibuka lagi dan akan keluar kotak pesan seperti berikut ini :

0 thoughts on “Membuat Tanggal Kadaluarsa pada File Excel menggunakan Macro

  1. I Love it…!!
    dgn exp date bs memperkecil pembajakan dokumen oleh org lain, apalagi laporan keuangan…

  2. mbak indah..tolong untuk scriptnya kurang jelas..mohon untuk dikirim ke email saya..terima kasih sebelumnya..

  3. kalo tanggal komputer yang buka file dimundurin jadi sebelum masa expire, kira2 bisa kebuka gak ya ? :ngacir: :babyboy1

  4. Koq muncul False.
    Yang salah apa ya, mbak…
    Tolong diperjelas dong, mbak. Terima kasih atas bimbingannya..

  5. mba Indah; mudah-mudahan bisa membantu. Begini aku minta dibuatkan makro seperti ini. merubah tanggal menjadi sebutan tanggal.xla. mis: 17 Agustus 1945 menjadi: tanggal Tujuh belas bulan Agustus tahun Seribu sembilan ratus empat puluh lima.

  6. Mbak Indah, maaf mau nanya, saya sudah buat sesuai yang mbak indah intruksikan, tapi file masih tetep bisa dibuka. Gimana caranya supaya secara otomatis file tersebut terkunci tanpa harus mensetting manual.

    Terima kasih

  7. percuma ini mba kalau macro nya disable masih bisa di akses file excel nya. apakah ada win win solution yg lainnya mba ? tq anw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.