July 24, 2024

Cara Memasukan Suara Video Dengan Menggunakan Adobe Premiere Pro CS3

2 min read

Sekarang ini para movie maker sudah bisa lebih berkreasi mengedit video menggunakan premiere pro. Adobe Premiere Pro adalah sebuah program berlisensi dari perusahaan Adobe yang memang khusus digunakan untuk sebagai program penyunting video. Pada kesempatan ini saya akan membagikan cara memasukkan suara ke dalam video. Langkahnya mudah dan gampang untuk dipraktekkan.

Langkah 1

Buka program Adobe Premiere Pro CS3 dari komputer kamu. Pastikan programnya sudah terbuka.

clip_image003


Apabila program Adobe Premiere Pro CS3 dibuka muncul jendela seperti dibawah ini.

clip_image005

Langkah 2

Pilih New Project, maka akan tampil jendela New Project tersebut, dan kita atur pada Custom Settings > General dengan aturan seperti di bawah ini, klik Ok.

clip_image002

Pada pilihan frame size, setting-an default akan mengarah pada 4 : 3 atau 320 secara horizontal dan 240 secara vertical. Kemudian, pastikan kamu menyimpan terlebih dahulu file video melalui Location, selanjutnya isinya nama file di kolom Name. Setelah itu kamu tinggal klik OK. Maka tampilan gambar akan tampak seperti gambar dibawah.

clip_image002[5]

Langkah 3

Masukkan video dengan cara klik pada menu bar File > Impor (Ctrl + I) dan pilih video yang ingin kalian beri suara, (dipastikan video tersebut belum ada suaranya), secara otomatis video tersebut akan menempatkan posisinya pada Project.

clip_image002[7]

Langkah 4

Setelah video tersebut menempatkan posisinya pada Project, kita tarik file video tersebut ke Timeline dan diletakkan pada video 1 (dengan cara klik tahan tarik).

clip_image002[9]

Langkah 5

Dengan cara yang sama masukkan suara atau lagu dengan cara klik pada menu bar File > Impor (Ctrl + I) dan pilih suara atau lagu yang anda inginkan, secara otomatis suara atau lagu tersebut akan menempatkan posisinya pada Project.

clip_image002[11]

Langkah 6

Setelah suara atau lagu tersebut menempatkan posisinya pada Project, kita tarik file suara atau lagu tersebut ke Timeline dan diletakkan pada Audio 1 (dengan cara klik tahan tarik).

clip_image002[13]

Untuk mengetahui berapa panjang Timeline video dan suara tersebut, dengan cara tekan tombol Page Up (Timeline Awal) dan Page Down (Timeline Akhir) pada keyboard.

Langkah 7

Setelah kita lihat suara lebih panjang Timeline nya dibandingkan dengan video, agar Timeline suara sesuai dengan video kita harus mengetahui batas akhir Timeline video dengan cara tekan tombol Page Down (Timeline Akhir) pada keyboard.

clip_image002[15]

Langkah 8

Potong suara tersebut dengan menggunakan, Razor Tool (C).

clip_image005[4]

lalu klik pada garis merah perbatasan akhir Timeline video, secara otomatis suara akan terbagi menjadi dua bagian.

clip_image007


Langkah 9

Pilih Selection Tool (V),

x

Klik suara pada bagian sebelah kanan, dan hapus suara dibagian sebelah kanan tersebut dengan menekan tombol Delete di keyboard.

z

clip_image012

Langkah 10

Simpan file video tersebut dalam bentuk format Avi dengan cara klik File > Export > Adobe Media Encoder, Maka akan tampil jendela seperti dibawah ini, klik Ok.

clip_image002

0 thoughts on “Cara Memasukan Suara Video Dengan Menggunakan Adobe Premiere Pro CS3

  1. Weeeeewww . .

    Mantap Gan . . !?

    Jadi tutorial singkat nih, meski ane lum belajar bgituan .. .

    Nice Inpho Gan . . 😀

  2. tks bro buat tutorialnya. mau numpang tanya nih, kalo mau munculin suara orisinil dari videonya gimana ya? gw dari kemarin bingung kok videonya begitu dimasukin langsung bisu gini

  3. saya pengen mejedi se orang editor.
    dan saya bakti di studio orang hampir dua tahun…. tapih dalam keadaan apapu saya tetab berusaha demi cita cita terhuju…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.