July 14, 2024

Apa itu JavaScript ?

2 min read

clip_image003Hmmmm… istilah ini sering kita temui didunia pemrograman web, terkadang kita juga sering menemui istilah ini ketika sedang bermain memasukkan widget pada blog baik menggunakan blogspot atau wordpress.

JavaScript diperkenalkan pertama kali oleh Netscape pada tahun 1995. Pada awalnya bahasa ini dinamakan “LiveScript” yang berfungsi sebagai bahasa sederhana untuk browser Netscape Navigator 2. Pada masa itu bahasa ini banyak di kritik karena kurang aman, pengembangannya yang terkesan buru buru dan tidak ada pesan kesalahan yang di tampilkan setiap kali kita membuat kesalahan pada saat menyusun suatu program. Kemudian sejalan dengan sedang giatnya kerjasama antara Netscape dan Sun (pengembang bahasa pemrograman “Java” ) pada masa itu, maka Netscape memberikan nama “JavaScript” kepada bahasa tersebut pada tanggal 4 desember 1995. Pada saat yang bersamaan Microsoft sendiri mencoba untuk mengadaptasikan teknologi ini yang mereka sebut sebagai “Jscript” di browser Internet Explorer 3.

JavaScript merupakan bahasa pemrograman web yang berbentuk kumpulan skrip dan berfungsi untuk memberikan tampilan yang tampak lebih interaktif pada dokumen web. Dengan kata lain bahasa ini adalah bahasa pemrograman untuk memberikan kemampuan tambahan kedalam bahasa pemrograman HTML (Hypertext Markup Language) dengan pengeksekusian perintah pada sisi client dan bukan pada sisi server seperti PHP dan bahasa pemrograman web lain yang bersifat server side scripting atau bahasa pemrograman yang memerlukan server sebagai penerjemah script sebelum ditampilkan pada client.

Pada hakekatnya bahasa pemrograman javascript berisi skrip yang penulisanya diselipkan disebuah dokumen html dan bersifat client side scripting, sehingga javascript tidak memerlukan sebuah webserver sebagai penerjemah untuk mengeksekusi skrip skripnya.

Lantas, Apa Perbedaan Java dengan JavaScript?

Dari segi penamaan, sekilas Java dan JavaScript memang hampir sama, tidak jarang orang salah persepsi dalam pengertian kedua bahasa ini. Pada dasarnya JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang perkembanganya lebih lambat dibanding dengan Java, dari segi kemananan JavaScript tergolong lemah dikarenakan kode-kode atau skrip yang dituliskan dapat dilihat langsung oleh user lain sehingga skrip yang telah digunakan untuk suatu objek tertentu bisa saja diambil oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab atau istilahnya bisa di salin langsung.

Berbeda dengan Java, kode-kode pemrograman java tidak bisa dilihat oleh user lain dikarenakan pemrograman java sudah berbentuk applet atau terkompilasi sehingga tidak mungkin terihat dari dokumen HTML. Tapi terlepas dari hal diatas pemrograman java tergolong lambat pengeksekusianya jika dibandingkan dengan javascript yang memiliki kemampuan akses sangat tinggi sehingga dapat dieksekusi dengan cepat ketika diakses lewat browser.

0 thoughts on “Apa itu JavaScript ?

  1. wew…budak ini..maenan nyo la ke java pule…bravo bravo…

    kapan neh koding javascript nyak di masukan ke sini…yang jquery jugo ye…

    hehehehehe…piss

  2. @mister_bolot – hmmmmm…iya juga c…Java 2 Platform Micro Edition (J2ME)lebih unggul dibanding Java karena running any where, any time dan over any device….
    tapi karena masih newbie jadi y blm kesitu…coming soon aja deh…hehe… :Peace:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.