July 20, 2024

High Pass Efek

3 min read

Lama tidak mengirim tulisan ke Portal PalComTech yang sungguh luar biasa perkembangannya. Ini tutorial ketiga saya, setelah tutorial sebelumnya Teks Refleksi dan Naruto Text yang keduanya membahas tentang efek teks, kali ini saya akan membahas tentang gabungan efek dan fungsi yang diterapkan pada foto memanfaatkan filter (efek) yang telah disediakan oleh program Photoshop secara default.

Untuk penerapan efek kali ini baiknya foto yang digunakan tidak terlalu kecil (dimensinya), usahakan foto dalam kondisi pencahayaan yang cukup (tidak terlalu terang juga tidak terlalu gelap). Saya menggunakan foto dengan dimensi 1224 x 1842 pixels. Ok, tanpa berlama-lama lagi mari kita mulai dari langkah pertama.

Langkah 1

Klik menu file kemudian pilih open untuk membuka foto yang akan diberi efek, anda dapat menggunakan tombol CTRL + O yang merupakan shortcut untuk membuka foto atau klik 2x area abu-abu pada bagian tengah program Adobe Photoshop.

clip_image002

clip_image003

Langkah 2

Pada langkah kedua ini saya ingin sedikit membagikan tips bagaimana melihat dimensi foto yang telah dibuka, anda dapat mengaksesnya melalui menu image kemudian pilih image size atau anda dapat menekan tombol ALT + CTRL + I setelah foto dibuka.

clip_image004

Langkah 3

Duplikat layer foto yang telah dibuka dengan cara klik menu layer kemudian pilih duplicate layer atau gunakan shortcut CTRL + J. Perhatikan palette layer, apabila terlihat dua thumbnails foto berarti proses duplicate telah berjalan dengan benar.

clip_image006

clip_image008

Langkah 4

Efek pertama yang digunakan sekaligus efek utama dalam tutorial kali ini adalah efek high pass yang dapat diakses dengan cara klik menu filter pada menu bar lalu pilih submenu other kemudian pilih high pass.

clip_image009

Akan muncul kotak dialog high pass, tentukan nilai radius 10.0 pixels kemudian klik tombol ok pada kotak dialog high pass. (anda dapat bereksperimen dengan mengubah nilai radius high pass untuk mendapatkan hasil yang berbeda).

clip_image010

Langkah 5

Ubah blending mode pada layer foto duplikat yang telah diberikan efek high pass menjadi overlay melalui palette layer. Blending mode terletak di sisi kiri opacity pada palette layer, blending mode digunakan sebagai mode penggabungan layer yang diberi blending dengan layer dibawahnya, blending mode akan memberikan kesan penggabungan yang berbeda sesuai dengan jenis blending yang digunakan, untuk efek kali ini kita memanfaatkan blending mode overlay.

clip_image011

clip_image012

Langkah 6

Klik layer background pada palette layer kemudian duplikat kembali layer foto dengan menggunakan shortcut CTRL + J pada keyboard (lihat Langkah 3).

clip_image014

Langkah 7

Klik layer duplikat kemudian klik menu Image pilih Adjustments lalu pilih Desaturate atau gunakan shortcut SHIFT + CTRL + U, desaturate digunakan untuk mengubah foto menjadi hitam putih (Anda dapat menggunakan fungsi lain untuk mengubah foto menjadi hitam putih).

clip_image015

Langkah 8

Ubah blending mode layer yang telah diberi desaturate menjadi overlay.

clip_image017

clip_image018

Langkah 9

Pilih layer foto desaturate kemudian tekan CTRL + L pada keyboard untuk mengubah nilai levels pada foto.

Tarik panel paling kiri kearah kanan secara perlahan (range nilai kiri berada diantara 20 รขโ‚ฌโ€œ 35 ) nilai ini bergantung pada kondisi pencahayaan foto, gunakan nilai yang rendah ketika kondisi pencahayaan foto under exposure (gelap), gunakan nilai yang tinggi ketika foto dalam kondisi pencahayaan over exposure (terang).

clip_image019

Langkah 10

Dan yang terakhir tekan CTRL + M pada keyboard untuk mengubah nilai curves pada foto.

Klik kiri tahan pada koordinat tengah garis curves lalu tarik secara diagonal kearah kiri atas kotak dialog curves secara perlahan.

clip_image020

clip_image021

Demikian sederhananya perpaduan efek pada program Adobe Photoshop, seperti halnya Efek Sketsa dalam tutorial yang disampaikan oleh Ria Octarina yang memadukan beberapa efek menghasilkan foto yang indah. Teruslah mencoba untuk memadukan efek yang telah disediakan untuk menghasilkan efek baru pada foto.

Hasil Akhir

clip_image001

Anda bisa merasakan betapa mudahnya mempelajari program Adobe Photoshop. So, tunggu apalagi, ikuti kursusnya yang diselenggarakan oleh PalComTech selama 1 bulan, 3 kali dalam 1 minggu, ada lebih banyak tutorial menarik lainnya yang tidak mungkin semuanya saya sampaikan melalui website ini. Tutorial-tutorial menarik tersebut akan saya bagikan kepada anda dalam program kursus 1 bulan Adobe Photoshop, dapat diikuti dan dipelajari dengan sangat mudah, daftarkan diri anda segera, saya tunggu anda dalam pelatihan Adobe Photoshop selanjutnya.

0 thoughts on “High Pass Efek

  1. @zzi : Mohon maaf, kemarin saya dapat foto2 hasil pemotretan di kampus basuki rahmad dari pihak palcomtech sendiri & foto2 tsb dimanfaatkan utk kepentingan palcomtech spt komponen desain brosur, kalender, palcomtech pack dan tutorial di portal.

    Saya rasa penggunaan foto diatas untuk kepentingan pembelajaran & juga foto tersebut dimanipulasi secara wajar dalam arti tidak merusak citra dari model foto itu sendiri.

    Apabila model ybs keberatan atas penggunaan fotonya saya mohon maaf & tolong di konfirmasi ke pihal pengelola portal untuk menghapus tutorial ini.

    No offense, thanks ๐Ÿ˜‰

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.