July 14, 2024

Virtualisasi: Komputer di dalam Komputer

3 min read

Karena ketertarikan saya terhadap sistem operasi (serta karena pekerjaan), saya pun cukup sering mencoba-coba sistem operasi yang baru keluar. Komputer waktu itu hanya ada satu, komputer desktop. Nah supaya sistem operasi yang ingin dicoba tidak mengacaukan sistem operasi utama sayaรขโ‚ฌโ€karena menginstall ulang dan men-set sesuai kemauan kita sangat memakan tenaga, sayapun menginstall dan mencoba sistem operasi tersebut di Mesin Virtual (Virtual Machine), VirtualBox. Caranya mudah: 1) download/unduh paket VirtualBox disini 2) install VirtualBox-nya, 3) jalankan, 4) dan, buat satu atau lebih ‘komputer’ (disebut: client) di dalamnya. Setelah itu sistem operasi yang ingin dicoba akan dapat dijalankan di dalamnya. Baik yang berupa live-cd/dvd, ataupun seperti windows/solaris yang harus diinstall.

virtualbox-001

Catatan: Untuk menjalankan Virtual Machine (VM) seperti VirtualBox dan sejenisnya dengan lancar, prosesor komputer kita harus mendukung teknologi tersebut (untuk prosesor Intel, harus dilengkapi dengan teknologi Intel VT-x, dan untuk prosesor AMD harus dilengkapi dengan AMD-V). Bila tidak, performa ‘komputer’ (client) yang kita jalankan dari VirtualBox tidak akan maksimal.

virtualbox-002

Teknik di atas dinamakan virtualisasi, yaitu menjalankan sistem operasi ( di dalam lingkungan mesin virtual, di atas sistem operasi utama (host). Virtualisasi adalah teknik yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk penghematan sumber daya mereka, karena menggunakan virtualisasi sangat efektif dan efisien.

Beberapa keuntungan virtualisasi untuk perusahan-perusahaan besar (dirangkum dari situs Vavai):

  1. Pengurangan biaya investasi Hardware: hanya menggunakan perangkat komputer yang telah ada. Paling hanya perlu menambah Harddisk dan RAM.
  2. Kemudahan Backup dan Recovery: Semua mesin virtual tersimpan dalam satu buah image. Bila ingin di backup hanya tinggal di salin (copy-paste) dengan nama lain. Jadi bila rusak, tinggal ambil salinan terakhir untuk dipakai.
  3. Kemudahan Deployment: dapat diduplikasi sebanyak mungkin, dapat digunakan di komputer lain dengan hanya mengubah sedikit konfigurasi.
  4. Mengurangi panas: karena komputer real yang dipakai hanya sedikit, selain ruangan tidak panas, pun mengurangi biaya penggunaan listrik.
  5. Mengurangi biaya space (tempat).
  6. Kemudahan maintenance (pemeliharaan) dan pengelolaan.
  7. Standarisasi hardware: dalam lingkungan mesin virtual tersebut, sistem tidak perlu mendeteksi ulang hardware.
  8. Memudahkan replacement: bila komputer server (host) sudah tidak cukup kuat untuk menarik beban mesin virtual, kita tinggal upgrade spesifikasi komputer kita.

Untuk kita pengguna rumahan/penggiat IT, kelebihan-kelebihan di atas sudah pasti dirasakan juga. Selain itu, bisa juga digunakan untuk:

a) Mengambil screenshoot (rata-rata screenshoot yang saya tangkap/capture dilakukan di virtual machine pada VirtualBox). Contoh: saya ingin mengambil tampilan Instalasi ubuntu di atas Windows 7, yang mana Windows 7 nya saya jalankan dari VirtualBox.

virtualbox-003

virtualbox-004

virtualbox-005

b) Solusi untuk dual/multi boot (menginstall dua atau lebih sistem operasi pada satu komputer yang sama). Kita dapat langsung memboot dua sistem operasi atau lebih pada saat yang bersamaan.

VirtualBox dapat dijalankan di Sistem Operasi Windows, Linux, maupun Mac OSX. Jadi, bagi Anda yang memiliki komputer dengan Sistem Operasi Linux ataupun Windows dapat mencobanya. Selain VirtualBox, masih banyak Virtual Machine di luaran sana. Contoh Virtual Machine selain VirtualBox yang cukup umum ditemui:

No. Nama VM Linux Windows Mac OSX
1 VMWare Ya Ya Ya
2 KVM Ya Tidak Tidak
3 VirtualPC Tidak Ya Tidak

Untuk informasi lebih lengkap tentang virtualisasi, dapat dibaca di wikipedia Indonesia (mau versi lebih lengkap lagi, baca wikipedia berbahasa Inggris). Well, selamat mencoba!

0 thoughts on “Virtualisasi: Komputer di dalam Komputer

  1. Sip deh bro… ๐Ÿ™‚ ngomong2 punya repo ubuntu 9.04 gak bro…klu ada boleh dong dipaketkan ke ane pct prabu….. ๐Ÿ™‚

  2. @Abi: Sorry bro, adanya ubuntu 10.04, beserta repo. Mau? kalo mau, tak paketkan ke sana ๐Ÿ˜‰
    @Uyo: Sip2.. Lagi mempersiapkan artikel berikutnya, hehe. TQ
    @Miro: Kalo di Windows, di My Computer, Lihat [system] properties nya. Catat nama prosesornya, trus cari di google apakah prosesor tersebut mendukung virtualisasi apa tidak. Semoga membantu ๐Ÿ˜‰

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.