July 14, 2024

Kreasi Poster Bernuansa Twilight Menggunakan Photoshop

3 min read

The Twilight Saga atau hikayat senja (menurut terjemahan ‘om’ google) merupakan film terlaris yang di ambil dari novel karya Stephenie Meyer dan karena emang banya pencintanya novel ini malah di jadikan film layar lebar, dan semua remaja di seluruh dunia sampai terkena demam film ini bahkan nonton film nya pun bisa lebih dari 5 kali di ulang-ulang. Termasuk saya yang terkena demam The Twilight Saga dan kali ini akan saya buat poster Movie twilight saga edisi PalComTech, wah pasti seru tuh kalau beneran ada filmnya.

Langsung aja ikuti langkah langkahnya karena cukup mudah dan sederhana.

Langkah 1

Pertama buka file baru di photoshop (ctrl+n juga boleh) ukuran 750 px untuk width dan 1000 px untuk height.

image layer

Langkah 2

Langsung kasih layer baru yang akan kita isikan gradient dengan warna #120a04 dan #684324 lalu isikan di layer baru tadi sebagai latarnya.

image

Langkah 3

Sekarang kita sudah punya background kerennya. Karena tema movie poster saya ini twilight saga versi PalComTech jadi langsung ketik judul movie poster ini gunakan jenis huruf Baskerville Old Face dengan warna #b47021 lalu ketik “the” , “twilight” , “saga” di layer terpisah (inget harus di buat di layer terpisah untuk setiap kata) agar mudah mengatur ukuran hurufnya, kemudian susun seperti gambar. Untuk tulisan PalComTech gunakan jenis huruf yang sama tetapi dengan warna #ffd058.

image

image

image

Langkah 4

Agar lebih nyata berikan inner shadow pada tulisan PalComTech dengan warna #b47021 sebagai warna shadow , distance 4 px dan noise 80%. Berikan bevel and emboss size 1px dan soften 1px.

image

image

Langkah 5

Untuk ketiga layer tulisan “the”, “twilight” dan “saga” berikan stroke pada layer style 1 px dengan opacity 50%. Sudah mirip kan dengan yang aslinya, sekarang tambahkan garis vertical dan horizontalnya sebagai pelengkap.

image

image

Langkah 6

Gunakan pen tool kemudian bikin shape berbentuk seperti ini dengan warna #ffd058 kemudian kasih beberapa layer style.

image

image

image

image

image

Langkah 7

Nah……! Perhatikan juga warna yang di pilih dalam memberikan efek layer style karena bukan menggunakan warna standard dan akan meningkatkan skill photoshop mu jika kamu mau ber-experiment dalam memberikan setting layer style. Jika gambar shape nya sudah jadi kita letakkan di posisi yang sesuai seperti gambar.

image

Dan karena ini “made in Baturaja” jadi tambah sedikit tulisan Baturaja didesain poster.

image

Langkah 8

­Dengan menggunakan pen tool buat shape seperti ini, beri warna yang sama dengan tulisan the twilight saga yaitu #b47021 kemudian beri efek layer style yang sama dengan shape yang pertama di buat tadi.

image

image

image

Langkah 9

Atur ukuran dan posisi shape tadi hingga menyerupai poster aslinya, tetapi tidak perlu sama persis karena kita belajar di PalComTech jadi yah gunakan kreatifitasmu untuk membuat poster ini menjadi “loe banget gitu lho..”

image

Intinya letakkan shape di belakang objek dan atur lah sesuai keinginan mu.

Langkah 10

Berikutnya masukkan gambar sebagai latar belakang dan ubah blending mode menjadi soft light, di kasih masking pada bagian bawah gambar, dan ikuti langsung aja gambar berikut. Okeh….

image

image

Masukkan gambar, kemudian di perbesar menggunakan free transfrom. Ubah blending mode menjadi soft light.

image

Langkah 11

Berikan layer mask lalu kasih gradient berjenis hitam transparan.

image

image

Masking bagian bawahnya hingga tampak menyatu dengan area sekitarnya.

Langkah 12

Terakhir masukkan foto pemeran utamanya dan semua pemain filmnya Open-mouthed smile .

image

Hasil Akhir

Agar tampak lebih komersil tambahkan sedikit text promosi.

image

Selamat berkreasi, dengan photoshop jangan pernah takut mencoba dan mengaplikasikan imajinasimu Winking smile.

0 thoughts on “Kreasi Poster Bernuansa Twilight Menggunakan Photoshop

  1. kreasinya bagus.. mantap.. cap jempul dech buat mas fajar nya..
    tapi sedikit koreksi dan saran.. hehehe 😀
    mas upload photonya terlalu nafsu.. hihii
    segingga BG dan pemeran utamanya sedikit ngga konek…

  2. iya lah saran nya aq terima cz kmrn tuch dah masuk waktu deadline tuk ngumpul jadi ya gt.. dech…..
    @awe.>> trims laen kali aq cari gambar yang pas
    @aly.>> trims jga

  3. Gan, saya mau nanya ne, ukuran px pada photoshop itu apa sih maksudnya, mf gan saya nyari di paman google nggak ketemu apa itu px dalam sebuah ukuran
    terima kasih atas bantuannya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.