July 13, 2024

Langkah Mudah Instalasi Windows 7 di Komputer/Laptop

2 min read

Sebelum kita melakukan proses instalasi Windows 7 kedalam komputer atau laptop maka perlu diperhatikan juga spesifikasi minimal hardware computer kita agar windows 7 bisa berjalan dengan baik. Adapun spesifikasi minimalnya yaitu :

  • Prosesor 1GHz (32/64-bit)
  • Memory 1GB
  • Harddisk 16 GB
  • Untuk tampilan Aero maka memory kartu grafisnya 128 MB
  • Drive DVD-R/W

Adapun spesifikasi hardware yang penulis gunakan dalam pembuatan artikel ini yaitu :

  • Prosesor Intel Dual Core 2,80 GHz
  • Harddisk Seagate 250 GB SATA
  • Memory Kingston 1 GB/DDR2/PC-6400
  • DVD RW LG 24x
  • Monitor LG Tabung
  • Kartu grafis On Board

Ok…..sekarang kita mulai melakukan proses instalasinya! Open-mouthed smile 

Langkah 1

Pastikan kita sudah atur boot pertamanya dari CD/DVD di BIOS (kalau lupa atau bingung caranya coba lihat artikel saya sebelumnya (Mengenal Linux 1 dan Mengenal Linux 2) dan pastikan DVD master Windows 7 sudah ada didalam drive DVD.

1

Jika muncul pesan “Press any key to boot with CD” maka tekan saja sembarang tombol di keyboard agar DVD master Windows 7 kita dibaca oleh system.

2

Langkah 2

Pada layar ini dibagian Languange to install biarkan saja English, pada Time and Currency format ganti menjadi Indonesian (Indonesia), pada keyboard or input method biarkan saja US, dan selanjutnya pilih Next.

3

Langkah 3

Pada layar ini pilih Instal Now dan beri tanda conteng (þ) pada I Accept Licence term lalu Next.

4

5

Langkah 4

Pada layar ini pilih Custom.

6

Langkah 5

Pada layar ini penulis akan membuat partisi (ruang memori) untuk Windows 7. Karena sebelumnya sudah ada partisi maka penulis akan melakukan proses penghapusan terlebih dahulu. Untuk menghapus partisi maka klik “Drive Options (advanced)”, lalu klik partisi yang akan dihapus dan klik “Delete”, semua partisi telah menjadi kosong maka selanjutnya proses pembuatan partisi. Adapun langkahnya yaitu klik partisi yang kosong yang bernilai ± 250 GB (250.000 MB) tersebut dan klik New lalu pada Size ganti nilai partisi misalnya 60000 MB dan klik Apply maka akan terbentuk sebuah partisi (Disk 0 partition 2) seperti gambar dibawah. Selanjutnya klik partisi yang masih kosong (disk 0 Unallocated Space) lalu klik New dan klik Apply (Penulis tidak mengganti nilainya karena dalam hal ini penulis hanya membuat 2 partisi yaitu C= 60 GB dan D= 190 GB / semua sisa). Jika pemartisian (pembagian ruang memori) pada harddisk telah selesai maka coba klik partisi “disk 0 partition 2” lalu klik Next.

7

8

9

10

11

12

Langkah 6

Pada layar ini proses pengkopian file akan dilakukan dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Dan jika telah selesai proses pengkopian file maka system akan restart sendiri.

13

Langkah 7

Pada layar ini ketikkan nama pengguna dan nama komputer, misalnya Username: Palcomtech Prabumulih, Computer Name: Palcomtech Prabu dan Pilih Next. Maka akan tampil layar seperti dibawah ini dan Windows 7 siap dinikmati.

14

15

16

Demikianlah tutorial singkat ini semoga bermanfaat bagi semua terutama dan terkhususnya siswa-siswi PalComTech Prabumulih yang akan, lagi atau sudah belajar materi Teknisi Komputer.

0 thoughts on “Langkah Mudah Instalasi Windows 7 di Komputer/Laptop

  1. payo pak jaman lah canggih masih pake caro cak tuh bikin tutornyo..kan bs liwat VMw*are, VirtualB*x etc lah….yang bener” biso diskrinsut….

  2. @NN : do 2 penampakan disitu …..mano yg asli n idak ceklah dewek?….

    n tuk msalah buat artikel cak ini… ane tetap mmpertahanke prinsip ane tuk langsung dipraktekke bukan cuman pake virtual……kerno klu pake di virtual pas di pempartisian dak biso cak yang kito praktekke beneran……..lagi pulo klu cuman pake virtual banyak tuh di internet tinggal copas be gambar2nyo n tutorialnyo……jadi dengan cak ini ane berharap tulisan ini bener2 original dibuktke dgn gambar2 cak tuh bukan copas dari web or blog wong laen.

    Tapi klu memang dak pantas kerno la zaman canggih kato ente dipucuk suruh admin web ini hapus be artikel2 ane yg ane buat dgn model cak yg dipcuk….mudahkan…….

    tapi klu dak pantas kok biso lolos n dinaekke ke web ini yo oleh admin…..klu biso naek berrti katek masalah kan?….

    Terakhir Ane punya style sendiri dan ente punya style sendiri. ngmong2 kok komen pake no name nih dimana pertanggungjawaban atas komennya?……klu ente sama2 orang dalam yo monggo artikelnya dikeluarin jangan bisa komennya aja yg pada rame!…………… 🙂

  3. wew kang abi…naek darah cak nyo sabar lor…

    saya setuju prinsip lebih diutamakan…emang bagus lah cak itu…

    sep…sabar kang yo…cup cup cup..

  4. Sabar P’ Sukur ..^_^.. Mantap Tutornyo :thumbup: p’.. untuk akvasine pie ..? bisa dibantu pak ..? Thx b4 .. :Peace:

  5. @ussok – klu mau upgrade dari xp ke 7 pastikan spek laptopnya mencukupi (standar minimalnya win 7)sprti diatas..klu pas atau lebih ikuti langkah diatas dari 1-3 nah pas langkah 4 pilih upgrade aja jangan costum dan ikuti saja printah2 selanjutnya. smga mmbantu ya pak…..entar saya coba buat artikel lagi aja gimana step by stepnya di portal ini.

  6. @ridho_a – untuk aktivasinya coba tanya langsung ma teknisi pct pusat sebab software ini saya mnta ma mereka dan karena juga klu saya jelasi disini entar bisa kena UU Hak Cipta loe…….. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.