July 24, 2024

Efek Teks 3D Dengan Photoshop dan Corel Draw

3 min read

Sebuah senyum dapat menyejukkan hati bahkan menambah kekuatan bagi seseorang untuk menghadapi kerasnya persaingan hidup, begitu kata seorang Pujangga. Tentu saja tidak sembarangan senyum yang diberikan bisa-bisa dianggap “GILA” kalau senyum sendirian. Nah, sebelum kita mendapatkan senyum yang bisa menyejukkan hati itu sekarang kita buat aja dulu sebuah desain perasaan hati kita jika mengharapkan sebuah senyuman.

Langkah 1

Buka file baru di Photoshop dengan ukuran 1000 x 600 pixel. Kemudian pilih rectangle tool buat sebuah persegi panjang , kemudian edit > transform > skew, kita miringkan menjadi seperti gambar, yang nantinya akan kita jadikan sebagai lantai yang akan di tumbuhi rumput.

image

image

Langkah 2

Kemudian masukkan gambar rumput atau sebuah pemandangan yang ada padang rumputnya , bisa juga kita tanya dengan “om google” untuk dicarikan sebuah gambar padang rumput. Lalu atur ukuran gambarnya sampai menutupi persegi panjang yang kita miringkan tadi.

image

image

Langkah 3

Tahan CTRL + klik pada layer thumbnail yang berisi gambar persegi panjang sehingga didapatlah sebuah seleksi menyeluruh yang memenuhi objek yang ada pada layer tersebut. Pilih layer padang rumput dan berikan layer mask untuk menyembunyikan gambar selain area seleksi.

image

Dengan ctrl+klik pada layer thumbnail kita mendapatkan seleksi objek yang ada pada layer tersebut.

Langkah 4

Berikan layer mask pada layer padang rumput sehingga objek yang tidak terseleksi akan di sembunyikan atau di-masking oleh warna hitam, tanpa merusak gambar yang ada pada layer tersebut.

image

Langkah 5

Masih pada layer masking, gunakan brush tool pilih yang tipe rumput kemudian tekan “F5” untuk memunculkan pengaturan brush (BRUSHES). Hilangkan tanda centang pada other dynamics dan color dynamics, kemudian menggunakan warna putih pada foreground, kita tampilkan gambar rumputnya agar tampak lebih real pada sisi kiri dan atas.

image

image

Langkah 6

Untuk sisi kanan dan bawah, atur lagi BRUSHES (tekan F5) bagian shape dynamics rubah angel jitter menjadi 60% sehingga brush rumput nya ada yang menghadap ke bawah.

image

Langkah 7

Kemudian sapukan lagi brush di bagian kanan dan bawah. Dan jangan lupa gunakan foreground warna putih untuk menampilkan gambar dan warna hitam untuk menyembunyikan gambar/masking.

image

Langkah 8

Gerakkan gambar rumput agak ke atas. Kemudian masukkan gambar texture batu karang. Untuk teksture batu karang kamu bisa cari lewat Google. Selanjutnya pindahkan posisinya di bawah layer rumput kita tadi.

image

image

Langkah 9

Kemudian di masking lagi lalu gunakan brush type soft rounds dan sembunyikan bagian yang tidak perlu menggunakan warna hitam dan tampilkan bagian yang kita perlukan dengan warna putih sehingga menjadi seperti gambar.

image

image

Berikan layer style berupa drop shadow pada layer rumputnya agar tampak lebih nyata.

image

Langkah 10

Berikan warna gradient hitam dan pink pada layer background dan dengan type reflected lalu tarik secara diagonal.

image

Langkah 11

Karena di PalComTech juga di ajarkan CorelDraw, jadi kita buat 3D text nya di Corel X4 lalu buat artistic text bertuliskan “smile” gunakan jenis huruf “Gil sans ultra bold”. Blok tulisan smile tadi lalu tekan F11 untuk memberikan warna font pada text. Warna coklat tua pada “from” dan coklat muda pada “to” dengan type radial. Atau kalian bisa pakai warna kesukaan kamu.

image

Berikan efek 3D nya dengan “Extrude” lalu aturlah besarnya 3D sesuai selera.

image

Langkah 12

Pada bagian property bar “extrude” untuk color-nya gunakan color shading ‘from’ putih ‘to’ coklat lalu atur extrude rotation sebagus mungkin agar lebih menonjolkan 3 Dimensinya.

image

image

Langkah 13

Kemudian Export pada menu File > Export lalu pilih type File PNG kemudian export lalu kita buka di photoshop dan pindahkan ke kanvas kerja kita.

image

 

image

Atur ukuran text tersebut lalu tempatkan posisinya di atas rumput lalu atur pewarna-an nya menggunakan Image > Adjusment > Hue/Saturation hidupkan tanda ‘Colorize’ lalu berikan nilai :

Hue > 282

Saturation > 73

Lightness > -5

Sehingga warna menjadi ungu atau boleh digunakan kreasi sendiri sebab seperti kata semua instruktur Desain bahwa “tidak ada yang namanya benar atau salah dalam sebuah desain yang ada hanya bagus dan tidak bagus”jadi untuk pewarnaan boleh sesuai selera juga.

image

Langkah 14

Atur posisi text kemudian duplicate layer gambar rumput tadi, hilangkan efek shadow lalu hapus bagian yang menutupi text dengan soft rounds brush dengan hitam sebagai foreground dan tampilkan menggunakan brush type rumput dengan warna putih sebagai foreground hingga jadi tampak nyata “Gito lho…..”

image

Boleh pakai gambar orang tersenyum atau foto kalian pribadi sebagai gambar latar.

image

Hasil Akhir

image

Tetap tersenyum menggunakan Photoshop jangan takut ber-imajinasi dan berkreasi dalam menghasilkan sebuah desain Winking smile.

Download file psd [download id=”72″]

0 thoughts on “Efek Teks 3D Dengan Photoshop dan Corel Draw

  1. waduh law orang BTA yang comment nch aduh………
    pasti selalu menimbulkan isu – isu yang gmana gt…..
    @dwi tneng aj aq msh padamu

  2. @nana – yuuuuk…. aq tuch hanya menjalankan filosofi desain yaitu harus ada objek andalan untuk menarik perhatian ya salah satu nya yang pake jilbab itu lho….

  3. kalau boleh mo nambahi saran, tolong tingkat ketelitian editnya diperhatikan biar efek terlihat real.
    trmksh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.