July 25, 2024

Menggambar Objek 2D & 3D menggunakan Aplikasi Gratis Google SketchUp (Bagian 1)

2 min read

Mungkin artikel ini udah basi, atau bahkan udah ketinggalan bagi pembaca sekalian. Tapi nggak apa-apa, artikel ini emang sengaja penulis buat untuk sesama rekan yang newbie dalam menggambar 2D dan 3D, dalam artikel ini saya akan mengenalkan salah satu aplikasi gratisan yang dikhususkan untuk menggambar sketsa baik 2D atau 3D dengan menggunakan Google SketchUp.

Artikel ini sendiri akan saya bagi atas 7 bagian yang bersambung. Pada bagian pertama ini saya akan mengenalkan cara mendapatkan dan menginstall aplikasi Google SketchUp, sedangkan cara menggambarnya sendiri akan penulis buat pada bagian-bagian berikutnya.

OK, nggak perlu banyak basa basi lagi, untuk mendapatkan aplikasi Google SketchUp pembaca dapat mengunduh software pada alamat http://sketchup.google.com/intl/en/download/index.html atau untuk lebih cepat bisa klik [download id="75"]

Nah, setelah rekan pembaca sekalian mengunduh aplikasi tersebut, ikutilah langkah-langkah dibawah ini untuk melakukan installasi program Google SketchUp tersebut.

Langkah 1

Klik ganda pada file yang telah di download tersebut (GoogleSketchUpWEN) dan akan tampil jendela extracting seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

clip_image002

Langkah 2

Selanjutnya klik tombol Next pada jendela welcome seperti di bawah ini.

clip_image004

Langkah 3

Kemudian beri tanda cek pada pilihan I accept the terms in the License Agreement dan klik tombol Next.

clip_image006

Langkah 4

Pada jendela berikutnya Anda diminta untuk menentukan lokasi folder tempat kita menginstall aplikasi Google Sketchup, kemudian klik tombol next.

clip_image008

Langkah 5

Berikutnya klik tombol Install untuk memulai proses installasi software.

clip_image010

Langkah 6

Tunggu sebentar proses installasi sedang dilakukan seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

clip_image012

Langkah 7

Akhiri proses installasi tersebut dengan mengklik tombol Finish.

clip_image014

Langkah 8

Langkah selanjutnya adalah menjalankan aplikasi Google SketchUp yang baru di install tadi, Nah untuk melakukannya double klik icon Google Sketchup pada desktop komputer Anda, kemudian klik tombol Start using SketchUp pada sudut bagian kanan bawah.

clip_image016

Selanjutnya akan tampil aplikasi Google SketchUp seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

clip_image018

Baiklah rekan pembaca sekalian, untuk bagian pertama ini cukup sekian dulu ya artikelnya, penulis akan berbagi cara menggambar objek 2D dan 3D menggunakan Google SketchUp pada bagian kedua nantinya.

Ikuti terus artikel yang akan penulis buat pada bagian-bagian berikutnya, dan jangan lupa “Kuliah Komputer…PalComTech Aja….” (Apolah selo dak selo nak ngiklan bae, xixixixixi).

0 thoughts on “Menggambar Objek 2D & 3D menggunakan Aplikasi Gratis Google SketchUp (Bagian 1)

  1. @Pak Kas… bikin penasaran ya pak.. :thumbup:
    soal iklan kyknya mesti deh pak.. kyknya kt perlu bordiran/stiker Tag Line itu deh pak.. jd kt tinggal tempel dibaju, dimotor, disemua-mua deh pak…

  2. aiii.. padahal aku la prepare artikel ne.. keduluan samo pak Kasmoni.. huuuu.. dakpapolah.. tapi tetep boleh kan pak.. soalnya aku dah pernah modeling ini buat di Google Eath.. bikin gedung palcom jambi tapi belum di approve sama pihak google.. dengan alasan terlalu banyak bagian yang tidak ber-tekstur dan juga kurang detail..hahahah.. pyah si Mbah Google.. :tabrakan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.