July 17, 2024

Cheetos Text

2 min read

Kali ini saya akan memberikan tutorial tentang pemanfaatan teks efek, pewarnaan teks dan duplikat layer. Hanya tiga hal sederhana namun memberikan hasil yang cukup menarik dibandingkan dengan teks tanpa efek.
Tutorial kali ini saya beri nama Cheetos text, yah apalagi kalo bukan terinspirasi dari snack keju yang banyak disukai anak-anak bahkan orang dewasa.

clip_image001

Langkah 1

Buka program adobe photoshop. Kemudian tekan CTRL + N untuk membuat kanvas baru. Tentukan ukuran kanvas kemudian klik tombol ok.

clip_image002

Langkah 2

Tekan SHIFT + CTRL + N kemudian klik tombol ok untuk membuat layer baru diatas background.

clip_image003

Langkah 3

Klik menu edit kemudian pilih fill, pada bagian use pilih color, masukkan kode warna #bababa. Klik tombol ok sehingga warna akan ditumpahkan diatas layer yang baru di buat pada langkah sebelumnya.

clip_image004

Langkah 4

Pilih horizontal type tool, pilih jenis teks yang memiliki badan teks yang besar, kali ini saya menggunakan Comic Sans MS dengan font style bold ukuran 72 pt warna kuning #ffec00 lalu ketik sebuah kata. Klik tombol commit pada bagian kanan atas tampilan photoshop apabila teks telah selesai dibuat.

clip_image005

Langkah 5

Tetap pada alat horizontal type tool kemudian klik tombol create warp text untuk membuat sedikit efek lengkung pada teks yang telah di buat. Lakukan pengaturan (disesuaikan dengan jenis dan ukuran teks) kemudian klik tombol ok.

clip_image006

Langkah 6

Duplikat teks pertama dengan cara klik kanan pada layer teks pilih duplicate layer atau tekan CTLR + J, perhatikan palette layer.

clip_image007

clip_image008

Langkah 7

Ubah warna teks awal (teks bawah/teks asli, bukan teks duplikat) menjadi orange # ffba00 . Pilih move tool pada toolbox kemudian geser beberapa pixel kearah kiri bawah dengan menggunakan tombol panah pada keyboard.

clip_image009

Langkah 8

Klik tombol add layer style pada palette layer teks orange kemudian pilih efek stroke, beri warna hitam #000000 dengan ukuran 8 px (disesuaikan dengan ukuran dan jenis teks). Klik tombol ok.

clip_image010

clip_image011

Langkah 9

Duplikat teks orange kemudian ubah warna stroke (klik 2x efek stroke pada palette layer) pada teks orange bawah menjadi warna putih, perbesar ukuran stroke teks orange bawah melebihi stroke hitam teks orange atas.

clip_image012

Langkah 10

Pilih teks kuning kemudian beri efek inner shadow, beri warna putih dengan blend mode normal & ukuran 4px (di sesuaikan dengan ukuran teks).

clip_image013

Demikian tutorial dari saya, selamat mencoba & berkreasi dengan efek-efek lainnya Winking smile.

0 thoughts on “Cheetos Text

  1. entah kenapa, feelingku mengatakan yang nulis ini Pak Tomy, e benar ternyata. patut dicoba ni.. Thank’s a lot. Ditunggu tulisan selanjutnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.