July 13, 2024

Plot File AutoCAD untuk Internet Explorer

2 min read

AutoCAD adalah aplikasi rancang bangun yang sudah digunakan secara luas dalam bidang keteknikan. Salah satu fungsi yang sering digunakan adalah menggambar denah rumah. Biasanya file hasil dari program AutoCAD ini disimpan dalam format DWG. Untuk melihat isi file yang sudah dibuat tentu saja kita juga harus menggunakan program AutoCAD juga.

Nah, ide artikel ini muncul ketika suatu hari seorang teman meminta digambarkan sebuah denah rumah. Hmmm, OK saya jawab. Saya setuju saja. Setelah saya gambarkan, file denahnya pun saya berikan pada teman tersebut. Sepulangnya dia ke rumahnya, dia mengeluh karena tidak bisa melihat hasil gambarnya. Ternyata oh ternyata, penyebabnya adalah teman tadi tidak punya software AutoCAD. Ya jelas aja filenya gak bisa dibuka Open-mouthed smile.

Hmm… mau lihat file AutoCAD tapi gak punya softwarenya, masalah yang sering saya temuin nih. Akhirnya saya mendapat jalan supaya file tersebut bisa ditampilkan menggunakan Internet Explorer. What???Internet Explorer??? Emang bisa??? Itukan Web Browser buat internetan (tuh temen kayak gak percaya aja kalau itu bisa dilakukan).

Nah, saya akan coba sharing ilmunya nih buat teman-teman yang mungkin belum tahu caranya. Yang sudah tahu or suhu mohon restunya ya. Ok langsung saja akan saya jelaskan.

Langkah 1

Mudah saja sebenarnya. Siapkan gambar denah yang telah dibuat sebelumnya.

clip_image002

Langkah 2

Setelah itu plot/print file tersebut. Dengan cara klik menu Print kemudian pilih Plot.

auto1

Langkah 3

Atur setting untuk nama “Printer/Plotter” menjadi “DWFxePlot…” DWFx ePlot merupakan virtual printer yang otomatis telah terinstal dalam AutoCAD. Cukup atur dibagian itu saja kemudian langsung klik “OK” .

auto2

Setelah itu tampil kotak dialog tempat penyimpanan file DWFx nya. Silahkan tentukan sendiri dimana file tersebut akan disimpan, beri nama filenya dan kemudian klik “Save”.

auto3

Langkah 4

Jadi deh filenya. File telah tersimpan dengan extensi file DWFx dan kita bisa buka file tersebut lewat Internet Explorer. Caranya klik kanan file tersebut – Open with – Internet Explorer.

auto4

Langkah 5

Taraaaa.. akhirnya dengan menggunakan Internet Explorer file tersebut dapat dibuka. Oh ya, disini filenya juga dapat di zoom atau pan sama seperti kita sedang bekerja di AutoCAD, juga ada sedikit tambahan tool – tool seperti workspace nya AutoCAD.

auto5

OK. Sekarang tidak kesulitan lagi untuk sharing filenya kepada teman atau mungkin klien yang mungkin ingin melihat gambar denah yang kita buat, namun tidak punya software AutoCAD di komputernya. Nah sekian dulu ya tips dari saya. Selamat Mencoba.

0 thoughts on “Plot File AutoCAD untuk Internet Explorer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.