July 18, 2024

Stained Glass Effect

2 min read

Pada tutorial kali ini saya akan memberikan sedikit trik memadukan efek yang sudah di sediakan secara default oleh photoshop dan fungsi alat yang juga pasti kalian sudah sering gunakan, cukup sederhana dan mudah untuk diterapkan. Hasilnya? Andalah yang pantas menilainya, langsung saja kita coba.

Download fotonya dulu [download id=”76″]

Langkah 1

Klik menu file kemudian pilih open atau anda bisa menggunakan shortcut CTRL + O untuk membuka gambar yang akan diberi efek.

Langkah 2

Setelah foto dibuka, kita mulai dengan menduplikat layer foto dimana hasil duplikatlah yang akan diberi efek. Untuk menduplikat layer dapat dilakukan dengan cara klik menu layer pilih duplicate layer atau tekan tombol CTRL + J pada keyboard.

Selain cara diatas, anda dapat menduplikat layer dengan cara klik kanan layer background pada palette layer kemudian pilih duplicate layer.

Perhatikan palette layer, terdapat layer duplikat diatas layer background.

Langkah 3

Setelah layer di duplikat, selanjutnya beri efek pada layer duplikat. Klik menu filter pilih texture kemudian pilih Stained Glass.

Selanjutnya muncul kotak pengaturan efek stained glass.

Langkah 4

Lakukan pengaturan efek, ada tiga panel pengaturan : Panel Cell Size digunakan untuk mengatur ukuran tiap bagian dari efek itu sendiri, Border Thickness digunakan untuk mengatur ukuran bingkai antar bagian efek dan yang terakhir Light Intensity digunakan untuk mengatur pencahayaan.

Klik ok jika sudah mendapatkan pengaturan yang sesuai dengan keinginan.

Langkah 5

Pilih magic eraser tool pada toolbox.

Perlu anda ketahui magic eraser tool dapat digunakan untuk menghapus warna sejenis yang dalam cakupannya dan warna tersebut tidak dipisahkan dengan warna lain, dengan alat ini kita dapat menghapus bagian-bagian yang diinginkan untuk memunculkan kembali objek gambar yang tersembunyi oleh efek yang dibuat pada langkah sebelumnya.

Dalam proses menghapus jangan sampai mengenai bagian bingkai efek. Demikian tutorial singkat dari saya, semoga bisa dikembangkan lagi sehingga hasilnya lebih baik. Terima Kasih.

0 thoughts on “Stained Glass Effect

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.