July 24, 2024

Threshold Effect

2 min read

clip_image001clip_image002

Kali ini saya akan membagikan sebuah efek yang sering dipakai untuk desain kaos distro yaitu efek threshold. Salah satu contoh foto dengan efek threshold yang cukup terkenal adalah fotonya Che Guevara.

clip_image003

Gimana cara buatnya? Simak tutorialnya, cekidot !

Langkah 1

Klik menu file kemudian pilih open untuk membuka gambar yang akan diberi efek, atau anda dapat menggunakan shortcut CTRL + O pada keyboard.

clip_image004

Langkah 2

Setelah foto dibuka selanjutnya duplikat foto tersebut dengan cara menekan tombol CTRL + J pada keyboard, coba perhatikan palette layer, akan ada layer duplikat diatas layer background.

clip_image005

Langkah 3

Selanjutnya adalah proses yang paling penting, yaitu memberi efek pada foto yang telah dibuka, caranya dapat melalui menu images pilih adjustment kemudian pilih threshold.

clip_image006

Langkah 4

Muncul kotak dialog threshold, lakukan pengaturan untuk mendapatkan tekstur yang sesuai dengan keinginan. Tekan tombol ok jika pengaturan dirasa sudah cukup.

clip_image007

Langkah 5

Threshold efek menghasilkan pola hitam putih, untuk sentuhan akhir tentunya anda bisa mengubah warnanya, kali ini saya akan mengubah warna putihnya menjadi warna lain.

Hmm bicara tentang hitam & putih izinkan saya sedikit berbagi, beberapa hari yang lalu saya membaca sebuah artikel di internet, judulnya seperti ini “Apakah Hitam dan Putih itu warna?“ haha saya juga sampai bingung menjawabnya. Lho kok jadi ngelantur ? mari kita lanjutkan tutorialnya.

Cara mengubah warna putih pada efek tersebut bisa dilakukan melalui palette channel. Pilih salah satu channel pada palette channel, misalkan anda bisa pilih channel red. Klik channel red kemudian klik kiri (tahan) + drag (tarik) channel tersebut ke icon paling kiri pada palette channel.

Langkah 6

Selanjutnya secara otomatis semua warna putih akan teseleksi, kembali ke channel RGB lalu beralih ke palette layer.

clip_image008

Langkah 7

Tambahkan layer baru dengan cara tekan tombol SHIFT + CTRL + N pada keyboard. Klik ok.

clip_image009

clip_image010

Langkah 8

Ini langkah terakhir, yaitu fill (mengisi) warna kedalam seleksi diatas layer baru tadi. Anda bisa menggunakan paint bucket tool atau menggunakan cara yang saya ajarkan, mari. Klik menu edit pilih fill, pada bagian use pilih color, kemudian pilih warna pada kolom kanan + pilih terang gelapnya warna pada kolom kanan. Tekan tombol ok jika warna sudah di pilih. CTRL + D untuk menghapus seleksi.

clip_image011

clip_image012

clip_image013

clip_image014

Tambahkan teks jika dibutuhkan, saran saya tambahkan teks yang berkarakter tebal dengan warna hitam / warna yang sama dengan warna yang anda pilih sebelumnya.

0 thoughts on “Threshold Effect

  1. krennz kk … :thumbup: :matabelo: :thumbup:

    lanjutkan dgn hal yg lebih menantang lagi … :afro: :afro:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.