July 24, 2024

Mengirimkan Data ke Database Menggunakan Integrasi Swishmax dan PHP

3 min read

Swishmax merupakan salah satu aplikasi/program yang digunakan untuk membangun suatu animasi berdasarkan Macromedia Flash. Swishmax memiliki script-script effect yang bersifat embedded script, artinya script-script pada swishmax dapat disisipkan ke dalam bahasa pengkodean lain ataupun tersisipi oleh bahasa pengkodean lain.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis ingin berbagi ilmu mengenai integrasi atau penggabungan script-script yang ada pada Swishmax dengan script-script yang ada pada PHP. Dalam hal ini penulis mecoba membuat suatu aplikasi pengiriman data ke dalam database menggunakan Swhismax dan PHP.

Untuk membuat aplikasi pengiriman data ke database menggunakan Swishmax kita akan membuat database terlebih dahulu sebagai tempat penyimpanan data yang dikirim.

Langkah berikutnya kita akan membuat 2 file yaitu file Swishmax sebagai desain tampilan dan pengaktifan perintahnya, serta file php sebagai halaman pemproses data agar dapat terkirim ke dalam database.

File pertama diberi nama Kirim.swi

Langkah 1

Buat tampilan desain. Buka Program Swishmax : Start > All Program > Design >Swishmax. Atau sesuai dengan kustomisasi program anda.

startweb

Maka akan terbuka jendela aplikasi Swishmax.

image

Langkah 2

Gunakan text tool imageuntuk membuat text seperti gambar berikut :

image

Langkah 3

Gunakan rectangle tool image untuk membuat kotak penulisan teks sehingga hasilnya seperti gambar berikut :

image

Langkah 4

Buat tombol untuk pengiriman data menggunakan Auto shape image sebagai tampilan tombol dan text tool image sebagai teksnya digabungkan menjadi tombol menggunakan group as button.

image

Beri nama tombol menjadi kirim :

image

Langkah 5

Satukan semua objek kecuali button yang telah di buat menjadi sprite dan beri nama desain.

image

image

Langkah 6

Setelah membuat tampilan desain maka selanjutnya kita akan membuat area teks agar kita dapat mengetikkan sendiri teks yang diinginkan pada kotak-kotak teks yang tersedia.

Caranya :

a. Pilih text tool image untuk membuat area text kosong > atur ukuran teks menjadi standar misalkan 12 > klik tahan tarik sebesar kotak teks yang tersedia > beri penamaan sesuai dengan isi yang akan di isikan.

image

b. Pengaturan besar area text :

Di dalam text ada 2 titik koordinat :

  • Titik koordinat shape (warna putih) berfungsi untuk merubah ukuran shape.
  • Titik koordinat margin (warna hijau) berfungsi untuk merubah ukuran area penulisan text.

Catatan : untuk pembuatan area text tarik titik koordinat margin jangan menggunakan titik shape agar besar area penulisan tepat.

c. Ubah type text menjadi type input agar teks dapat kita ketikkan sendiri >  contreng kotak target untuk menjadikan area text sebagai target dari script yang berikan >  ubah juga pengaturan teks nya menjadi advanced agar dapat dijadikan variable dan berinama variable. (penamaan variable tidak boleh sama dengan penamaan text).

swish

Kenakan perintah yang sama pada setiap area kotak.

image

image

image

Setelah membuat halaman tampilan maka berikan script pada tombol kirim seperti gambar berikut :

image

Klik layout script > Pilih add script > pilih event > button > on release (untuk pengaktifan proses di saat klik tombol di lepas).

image

Maka hasilnya seperti berikut :

image

Klik add script kembali > pilih browser/network > pilih get url dan isikan untuk url nya itu proses.php > pilih variable send using POST. (untuk mengarahkan Swishmax ke halaman proses.php dan mengirimkan variable yang ada menggunakan metode post).

imageimage

Simpan Swishmax di folder localhost berada dengan format swi dan swf.

Langkah 7

Buat halaman proses.php sebagai halaman tujuan dan pemproses data.

a. Buka Program PHP coder : clik start > All program > program > PHP coder.

b. Tuliskan script berikut :

<?php
//kode untuk menghubungkan file php dengan database server
mysql_connect(“localhost”,”root”,123456);
//kode untuk memilih database yang akan digunakan
mysql_select_db(“elo”);

//kode untuk menyimpan data / menerima data yang telah dikirimkan oleh swishmax menggunakan metode Post
$nama=$_POST[‘namavar’];
$jk=$_POST[‘jenis_kelaminvar’];
$almt=$_POST[‘alamatvar’];
$pesan=$_POST[‘pesanvar’];

//kode untuk memasukkan data yang telah disimpan ke dalam tabel pada database
$kirim=mysql_query(“INSERT INTO data SET nama=’$nama’,jenis_kelamin=’$jk’,alamat=’$almt’,pesan=’$pesan'”);

//kode untuk pengecekan kesuksesan atau kebenaran dari perintah pengiriman data
if($kirim)
{
echo “yes datanya,,,berhasil dikirim”;
}
else
{
echo “oh no,,,datanya gagal neh…!!”;
}
?>

Keterangan :

Baris 1 Kode pembuka atau pernyataan penggunaan kode PHP
Baris 4 Kode untuk mengkoneksikan/menghubungkan file PHP dengan database server
Baris 7 Kode untuk memilih database yang akan digunakan
Baris 10 – 13 Kode untuk menyimpan data yang telah dirikim oleh file swishmax sesuai dengan nama variable dan metode pengiriman data.

Ket :

$penyimpan = $_Metode Pengiriman [‘nama variable di swishmax’];

Baris 17 Kode perintah yang digunakan untuk mengirimkan data yang telah disimpan ke dalam table data pada database yang di pilih.
Baris 20 – 26 Kode untuk pengecekan kebenaran perintah atau kesuksesan perintah pada baris 17
Baris 31 Kode penutup atau pernyataan pemberhentian penggunaan bahasa PHP

c. Simpan data dengan nama file proses.php.

Langkah 8

Setelah semua halaman selesai buka localhost untuk mencobanya, klik pada file yang berekstensi swf.

image

image

Cek keberhasilan data pada database klik pada menu Browse.

Selamat mencoba.

0 thoughts on “Mengirimkan Data ke Database Menggunakan Integrasi Swishmax dan PHP

  1. hmmmm,,,,,sudah q coba pak,,,
    mantappp…………
    tapi tag tau pesan nya nyampe ato tidag,,, :ngakaks 😡 :confused: :nohope:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.