July 14, 2024

Watermark pada Foto

2 min read

Tutorial kali ini akan membahas mengenai pemberian watermark pada foto dengan menggunakan Adobe Photoshop. Watermark adalah tulisan bayangan pada gambar atau logo, logo atau pola yang berbentuk bayangan air digunakan untuk mengidentifikasi pemilik gambar atau foto tersebut umumnya digunakan untuk mencegah penggunaan kembali gambar tersebut secara tidak sah, atau penggunaan tanpa pesetujuan dari pemilik gambar /foto tersebut. Watermark biasanya berbentuk transparan dan sulit untuk dihilangkan. Tulisan watermark ini, akan kita buat dengan efek. Sehingga tulisan masih nampak, tetapi tidak begitu mengganggu tampilan foto aslinya, karena hanya akan kita buat samar / transparan saja.

Langkah 1

Bukalah sebuah foto / gambar dengan Photoshop. Pada contoh kali ini akan saya gunakan salah satu foto anak kecil yang cantik.

clip_image002

Langkah 2

Pilihlah Horizontal Type tool, tool ini ada pada tool box-nya Photoshop. Fungsi tool ini adalah untuk membuat tulisan. Buatlah tulisan yang Anda inginkan. Dibawah ini saya contohkan tulisan “Yudira’s Image”.

clip_image002[7]

Langkah 3

Setelah itu pilihlah warna teks abu-abu. Kliklah icon kotak kecil berwarna tersebut, hingga muncul kotak dialog Select Text Color. Warna abu-abu terdapat pada nilai: R=128; G=128; B=128; atau isikan kode #808080.

clip_image006

Langkah 4

Sekarang pilihlah menu Layer > Layer style > Bevel and Emboss.

Pengaturan pada menu ini tidak baku. Anda bisa melakukan pengaturan sesuka Anda. Pada gambar ilustrasi tutorial berikut ini adalah contoh pengaturan yang saya lakukan.

clip_image008

Klik OK jika pengaturan sudah Anda lakukan.

Langkah 5

Pada pallete layer, ubahlah blending optionnya yang semula Normal menjadi Screen.

clip_image010

Setelah itu, gambar sudah kita beri watermark, tinggal kita gabung semua layer menjadi satu dengan cara memilih menu Layer > Flatten Image.

clip_image012

Berikut ini gambar yang sudah diberi watermark dengan Photoshop.

clip_image014

Catatan tambahan:

Anda bisa juga menggunakan variasi lain, misalnya dengan memilih warna tulisan yang putih, namun layer blending option yang digunakan adalah Softlight.

0 thoughts on “Watermark pada Foto

  1. uppzzzzzzzzz………..
    pertamax mbak…
    he
    :kisss
    selo dak selo eh…
    di fotonyo do tulisan yudira’s image
    ahai
    he
    :ngakaks

  2. ahaaiii.. men tau we… aiii la lamo tuh la nak naek level jd artes Holywood pulo hahhaaa :flower:

  3. nak melook peeh begancang pesenlah tiket di PalComTech Airline dg pramugari cantik ‘ruru’ wkakakakakkk.. :flower:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.