July 20, 2024

Bikin Wallpaper Keren Pakai Brush

3 min read

Tutorial saya kali ini ingin mengajak pembaca untuk berkreasi menggunakan brush. Brush sendiri sebenarnya dapat kita kreasikan sesuai dengan kebutuhan desain. Penggunaan brush sendiri dapat kita kreasikan sebagai contoh membuat wallpaper keren. Simak langkah—langkah berikut ini ya..

Langkah 1

Buka file baru ukuran width 1024 pixels dan heigth 768 pixels. Kemudian klik dua kali pada layer background untuk merubahnya menjadi sebuah layer normal sehingga dapat kita edit, setelah itu pilih gradient beri warna hitam dengan ungu dengan type linier gradient.

clip_image002

Langkah 2

Siapkan sebuah layer baru dan letakkan di paling atas, siapkan juga warna foreground dengan warna putih kemudian pilih brush tool menggunakan pengaturannya yang dapat kita tampilkan dengan menekan tombol “F5”yang merupakan shortcut untuk menampilkan pallet brushes lalu buatlah pengaturan nya sebagai berikut.

image

Langkah 3

Ikutin pengaturan penggunaan brush seperti berikut :

Brush Tip Shape: Round shape, 300px Diameter, 0% Hardness, 25% Spacing.

Shape Dynamics: 100% Size Jitter, 20% Minimum Diameter, Angle Jitter 20%.

Roundness Jitter 0%.

image

Scattering: Scatter Both Axes and 120%, Count 5, Count Jitter 100%.

image

Texture: pilih Clouds sebagai Pattern, berikan skala 400% Mode : Color Burn

image

Other dynamic : opacity jitter 50% flow jitter 20%

image

Aktifkan juga pilihan Smoothing agar hasil sapuan brush menjadi lebih halus.

Langkah 4

Pastikan lagi layer yang aktif adalah layer baru dan warna foreground adalah warna putih kemudian sapukan brush-nya sehingga membentuk awan seperti yang diinginkan. Jangan takut untuk mencobanya berkali-kali hingga mendapatkan awan yang bagus.

clip_image014

Langkah 5

Agar tampak lebih nyata kita coba bikin sedikit awan hitam pada bagian bawah. Buat sebuah layer baru, letakkan di atas layer awan tadi, kemudian pilih menu layer > Create Clipping Mask. Pilh warna hitam sebagai warna foreground kemudian pilih brush tadi tetapi pada option bar nya berikan pengaturan brush opacity : 50% (boleh langsung tekan 5) lalu sapukan pada bagian bawahnya.

clip_image016

Langkah 6

Masukkan sebuah gambar bulan sabit seperti biasa tinggal minta aja dengan om google ketik aja “bulan sabit ”. Lalu ubah blending mode nya menjadi lighten. Mainkan blending mode pada proyek mu untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi.

clip_image018

clip_image020

Atur ukurannya dan letakkan di sudut atas atau di manapun yang kamu suka.

clip_image022

Langkah 7

Kita lanjutkan kreasi kita menggunakan brush tool dan kali ini buat sendiri brush nya. Buka file baru ukuran 500 X 500 pixels. Pilih costum shape tool lalu pilih bentuk objek yang kamu suka. Misalnya bentuk floral ornament 1 lalu “klik and drag” dan jangan lupa sambil menahan tombol shift agar diperoleh bentuk yang proporsional.

clip_image024

Kemudian klik gambar mata pada indicates layer visible pada layer background untuk menghilangkan warna putih pada background.

clip_image026

Lalu pilih menu edit > define brush preset untuk menjadikan gambar bentuk ini menjadi sebuah brush.

clip_image028

Kemudian kembali ke kanvas kerja kita tadi pilih brush tool yang kita buat tadi biasanya ada di bagian paling bawah lalu tekan “F5” untuk pengaturan brush seperti tadi.

clip_image030

Tips untuk pengaturan brush :

Shape Dynamics: aktifkan flip X jitter dan flip Y jitter serta angel jitternya untuk mendapatkan objek yang posisinya menyebar dan variatif.

Scattering: Naikkan nilai scatter untuk memperoleh bentuk yang menyebar.

Terakhir aktifkan fungsi Smoothing agar brush menjadi lebih halus. Sesungguhnya yang paling penting adalah keberanian dirimu untuk mencoba dan mengkreasikan brush tool di Photoshop. Untuk penyelesaian akhir tinggal tambahkan foto dirimu dan gambar yang lain untuk menunjang hasil karya wallpaper ini.

clip_image032

 

0 thoughts on “Bikin Wallpaper Keren Pakai Brush

  1. hee…. ada putri margaret di atas awan ,,,seppppp keren ,keren.. :ngacir: :bingung: :thumbup: :kisss

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.